Lifestyle

Warna Biru Dari Gadget Mempunyai Efek Negatif Bagi Kesehatan

Assalamu’alaikum…

Sinar biru (Blue light) dari perangkat seluler ternyata berdampak negatif terhadap kesehatan mata kita. Karena sinar biru merupakan sinar terjauh yang tertangkap oleh mata manusia. Dengan panjang gelombang dikisaran 380-500 nm, energi sinar biru dikategorikan paling tinggi (hig-energy visible) dibandingkan dengan sinar lainnya.

Kita tau bersama selain smartphone, perangkat lainnya seperti lampu neon, LED screen, TV, Smartphone, tablet, dan perangkat digital lainnya. Kemudian, sinar biru yang berasal dari alam dan memancarkan sinar biru terbesar adalah Matahari.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School menyebutkan bahwa cahaya biru khususnya di malam hari dapat meningkatkan resiko terkena kanker prostat, diabetes, serangan jantung dan diabetes. Lalu dampak lainnya adalah susah tidur.

Sendangkan warna biru yang terpancar pada siang hari ternyata mempunyai dampak berlawanan positif, seperti memberi efek positif pada suasana hati dan meningkatkan konsentrasi.

Bagaimana cara mengurangi dampak negatif dari warna biru? sebenarnya banyak cara mengurangi dampak negatif dari warna biru yang berasal dari perangkat elektroik, seperti memakai software pengatur cahaya yang membuat mata Anda menjadi lebih nyaman dalam melihat layar smartphone dan perangkat lainnya.

Contoh software yang dapat mengatur pencahayaaan pada Android seperti aplikasi Bluelight Filter, sementara untuk perangkat PC dan Notebook Windows bisa menggunakan aplikasi F.lux.

Lebih baiknya lagi, 1 jam sebelum waktu Anda ingin tidur mulailah untuk tidak lagi beraktifitas bermainkan gadget, dan menyalakan barang elektronik lainnya, agar tidur Anda menjadi lebih produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X