Lifestyle

Konsumsi Buah Alpukat Agar Kolesterol Normal Selalu

Foto (detikhealth)


Kolesterol pada dasarnya adalah zat yang dihasilkan oleh hati dan memiliki bentuk seperti lilin. Dalam jumlah yang normal gak kurang dan gak lebih, kolesterol normal sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kolesterol dengan kadar normal memiliki fungsi untuk menjadikan seluruh tubuh berfungsi secara normal. Jika kolesterol memiliki kadar yang tinggi maka akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh terutama pada aliran darah dalam tubuh, bisa terjadi penggumpalan dalam aliran darah. Karena tingginya kadar kolesterol dalam aliran darah terblokir dan meningkatkan resiko penyakit jantung terhadap seseorang terlebih yang paling parah adalah terserang penyakit yang menjadi momok setiap orang yaitu stroke.

Banyak hal yang dapat dilakukan agar kadar kolesterol normal mulai dari cara yang alami maupun melakukan pengobatan kepada dokter melalui obat kolesterol. Misalnya saja hal yang dapat dilakukan dengan cara yang alami adalah membatasi diri dari mengkonsumsi daging merah, memasak atau mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin setiap hari sebanyak dua sendok makan, memperbanyak mengkonsumsi makan-makanan yang mengadung omega3, menjaga tubuh agar tetap aktif dan bugar, mengkonsumsi teh pahit, dan mengkonsumsi bawang putih. Diantara hal-hal tersebut yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, terdapat hal yang mudah dan menyenangkan yaitu dengan cara mengkonsumsi buah alpukat untuk dijadikan atau minum secara langsung.

Konsumsi alpukat secara langsung agar kolesterol normal selalu

Alpukat memang handal dalam menurunkan kolesterol yang tinggi agar kembali menjadi kolesterol normal. Setiap orang pasti berbeda-beda melakukan cara untuk mengkonsumsi buah alpukat. Cara boleh berbeda tapi tetap satu tujuan yaitu menjaga kolesterol normal selalu. Kebanyakan orang desa lebih tradisional dalam menyajikan buah alpukat daripada orang kota. Kebanyakan masyarakat desa mengkonsumsinya secara langsung. Dengan cara memisahkan daging buah alpukat dari kulitnya dan bijinya dengan dikerok kecil-kecil dengan menggunakan sendok makan. Lalu merebus air bersih sampai mendidih. Setelah mendidih air panasnya masukkan mangkuk atau gelas secukupnya saja sesuai selera anda, lalu masukkan gula/ aduk sampai gula dan air panas menjadi satu kesatuan setelah itu masukkan daging alpukat tadi. Hasilnya tidak kalah enak dengan jus alpukat.

Demi keefisienan waktu anda bisa beli jus alpukat ke tempat yang memang terjamin kesehatan dan kebersihannya. Tapi bisa membuat jusnya sendiri didapur cantik anda. Yang terpenting adalah mengkonsumsi alpukat secara rutin. Karena mengkonsumsi satu buah alpukat setiap hari sama halnya melakukan diet moderat lemak sehingga bisa membantu anda dalam menurunkan kadar kolesterol jahat pada kalangan yang memiliki kelebihan berat badan agar tetap menjadi kolesterol normal.

Pada dasarnya buah alpukat juga mengadung kolesterol, tapi kolesterol didalam buah ini tidak membahayakan bagi tubuh manusia, bisa dikatakan mengadung kolesterol baik (HDL) untuk tubuh. karena kolesterol dalam alpukat berfungsi membantu menurunkan kolesterol yang bahaya (LDL) bagi tubuh dan mengangkutnya ke hati untuk dileburkan. Agar tetap menjadi kolesterol normal maka konsumsilah alpukat untuk membunuh kolesterol jahat. 

Hebatnya penelitian tentang alpukat dalam menciptakan kolesterol normal telah berhasil dilakukan oleh tim peneliti termasuk ahli gizi dan nutrisi Penny Kris-Etherton M.PdP dari Pennslvania State University, AS. Mereka merekrut 45 orang yang bermasalah dengan obesitas sebagai partisipan sehat berusia 21-70 tahun. Setelah melakukan proses yang panjang dapat diambil hasilnya bahwa buah alpukat dapat menurunkan kolesterol yang berkadar tinggi. padahal dari 45 partisipan rata-rata memiliki kolesterol jahat 8,3 mg/dl, namun setelah melakukan diet moderat lemak dengan satu alpukat setiap harinya, kadar kolesterol jahat menjadi 13,5 mg/dl.


Sumber pustaka: http://ww.mediaindonesia.com/mipagi/read/12074/Avokad-dan-Kolesterol/2015/06/08


Artikel Ini Kiriman Dari : Adi Luga Anggara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X