Lifestyle

Deteksi Penyakit Dari Warna Lidah

Ilustrasi Lidah. Foto (warta)

Assalamu’alaikum…

Tubuh kita biasanya memberikan tanda-tanda akan kondisi kesehatan kita, tak terkecuali indra perasa yaitu lidah. Lidah ternyata mempunyai cara dalam memberikan sinyal masalah kesehatan terhadap tubuh manusia, sinyal yang diberikan iyalah dengan perubahan warna sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh kita.

Sinyal warna yang di berikan lidah ada enam warna dan dari enam warna tersebut mempunyai maksud tersendiri, berikut ini cara Mendeteksi Penyakit Dari Warna Lidah yang dihimpun dari berbagai sumber:

Lidah Berwarna Merah

Lidah berwarna merah, menandakan bahwa panas tubuh yang tidak normal akan membuat lidah menjadi membengkak dan jika dilihat sekilas lidah akan ber warna merah. Jadi tubuh Anda sedang mengalami demam, demam bedara, bisa juga kekurangan vitamin seperti B-12 dan Vitamin B3 atau juga kekurangan mineral zat besi sehingga lidah berwarna kemerahan.

Lidah Berwarna Hitam

Warna lidah hitam menandakan bahwa tubuh dalam kondisi berbahaya karena lidah bisa saja mati rasa, ini menandahkan bahwa bagian rongga mulut Anda tidak bersih dan juga bisa jadi bakteri yang terjebak dan berkembang sepanjang permukaan lidah, sehingga membentuk bercak-bercak hitam di lidah. Faktornya penyebab lidah berwarna hitam yaitu merokok dan kebiasaan makan yang tidak baik lainnya

Lidah Berwarna Kuning

Penyebab lidah berwarna kuning hampir sama dengan lidah hitam, lidah berwarna kuning disebabkan tidak bersihnya rongga mulut sehingga membuat bakteri dn jamur bersarang di permukaan lidah. Solusinya iyalah membersikan gigi, rongga muut dan lidah secara baik agar bakteri penyebab lidah berwarna kuning menjadi hilang.

Lidah Berwarna Ungu

Lidah berwarna ungu disebabkan oleh bronkitis kronis, kadar kolestrol tinggi atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang dingin. Solusinya iyalah dengan mengkonsumsi bawang putih atau minum jahe hangat akan memperbaiki kondisi ini dan membuat warna lidah normal kembali.

Lidah Berwarna Coklat 

Lidah coklat bisa jadi ertanda stadium awal kangker kulit melanoma. Jika dilihat ada bercak coklat pada lidah yang semakin lama semakin menghitam, segeralah periksa ke dokter.

Lidah Berwarna Putih

Lidah berwarna putih biasanya disebabkan dehidarasi, infeksi rongga mulut yang disebabkan oleh jamur atau bakteri dan timbulnya penyakit leukoplakia yang biasanya ada pada perokok berat. Solusinya minumlah air putih dan jaga kebersihan rongga mulut Anda dan lidah secara teratur bisa mengatasi hal seperti ini.

Lidah Berwarna Merah Mudah

Lidah berwarna merah mudah adalah kondisi dimana tubuh Anda sehat, jadi agar kondisi tetap sehat jagalah kesehatan Anda.
Sekarang Anda tau maksud dari dokter, kenapa setiap diperiksa seringkali menyuruh untuk menjulurkan lidah Anda. Ini dia maksud dari dokter tersebut, agar bisa mendeteksi penyakit dari warna lidah Anda. Semoga bermanfaat!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X