Inspirasi

Ketika Masyarakat Palestina & Rohingya Ucapkan Dirgahayu Untuk RI ke 72

Pengungsi Gaza ucapkan dirgahayu buat Indonesia
Foto via ACT

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Ternyata kemeriahan kemerdekaan Indonesia tak hanya dinikmati oleh masyarakat Indonesia saja. Tapi masyarakat Palestina dan Rohingya juga ternyata memeriahkan hari Kemerdekaan Indonesia ke 72 tahun.

Dengan ucapan “Happy Independence Day Indonesia” anak-anak Palestina dan Rohingya, mereka dengan ceria memberi ucapan selamat kepada masyarakat Indonesia. 

Pengungsi Gaza ucapkan dirgahayu buat Indonesia
Foto via ACT

Meski mereka dalam keadan terjajah, mereka pun bahagia dengan perayaan kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus.

Seperti dilansir oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT), kado kemerdekaan itu datang tulus sekali meski Kota Gaza masih dikepung dan dijajah sepanjang hari. Berkali-kali anak-anak di Gaza mencoba mengucapkan kalimat “Merdeka, merdeka, Eid Istiqlal Indonesia.”

Setidaknya sekitar 100 keluarga yatim yang ikut dalam perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke 72.

Pengungsi Gaza ucapkan dirgahayu buat Indonesia
Foto via ACT

“Kami mengajak anak-anak yatim piatu dan keluarga yatim yang ayahnya wafat sebagai syuhada. Ada sekitar 100 keluarga yatim yang ikut dalam perayaan hari kemerdekaan Indonesia ini,” kata seorang mitra ACT yang bermukim di Gaza.

“Kami ceritakan kepada anak-anak ini, Palestina adalah negeri pertama yang mendukung dan mengakui kemerdekaan Indonesia. Dan suatu hari nanti, Insya Allah Palestina juga akan memperoleh kemerdekaannya.”

Tak jauh berbedah dengan para pengungsi Rohingya, dimana masyarakat yang tak diakui oleh negaranya sendiri ini juga mengucapkan selamat atas kemerdekaan Indonesia.

Dilansir dari Aksi Cepat Tanggap (ACT), Informasi Dari kamp-kamp pengungsian di Cox’s Bazar, Bangladesh, syukur atas Kemerdekaan Indonesia terlantun. Mereka adalah para pengungsi Rohingya yang saat ini masih jauh dari kondisi merdeka.

Pengungsi rohingya ucapkan dirgahayu buat Indonesia
Foto via ACT

Di sebuah tanah lapang, barisan anak-anak pengungsi Rohingya malu-malu mengintip dari kertas yang menutupi sebagian wajah mereka. Namun, suara lantang langsung terdengar seakan menegaskan apa yang tertulis di atas lembaran kertas tersebut.

“Terima kasih Indonesia, Selamat Hari Kemerdekaan!” seru anak-anak itu kompak. Mereka merupakan murid-murid Madrasah Islamiah, Kamp Kutupalong, Cox’s Bazar.

Bahkan kata selamat pun tak datang dari anak-anak pengungsi Rohingya, para guru yang mengajar di kamp pengungsian mengucapkan kata selamat dan berdoa untuk Indonesia.

Pengungsi rohingya ucapkan dirgahayu buat Indonesia
Foto via ACT

“Atas nama warga Rohingya dan seluruh guru Rohingya di bawah naungan Teacher Sponsorship Program ACT, kami mengucapkan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Ucapan ini kami persembahkan kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia yang begitu dipenuhi rasa kasih sayang dan kepedulian yang tinggi kepada sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X