InfoIs, Inspirasi

Al Qur’an Tulis Tangan Terpanjang di Dunia, Panjangnya Mencapai 700 Meter

Al Qur’an terpanjang di dunia. Foto via Dw Indonesia

Assalamu’allaikum….

Seorang pria Mesir menulis Al Qur’an sepanjang 700 meter dengan tulisan kaligrafi. Meski ia tak tamat sekolah, tapi hasil dari karya menulis kaligrafinya begitu indah. Ia hanya belajar secara otodidak dalam mempelajari seni menulis indah dari buku-buku yang dibeli dari hasil berjualan pakaian.

Saad Mahmed (Mohammed) Heshish adalah seorang pria Mesir yang tinggal di distrik kecil  Bilqina, El Mahalla, Gharbia. Dalam pembuatannya ia menghabiskan tiga tahun menulis tangan dan menghiasi mahakarya Al Qur’an yang dianggap terpanjang di dunia. Jika gulungan Al Qur’an ini dibuka, maka panjangnya mencapai 700 meter.

Dikutip dari Al Arabiya Net, situs online Al Arabiya News Channel via Dw Indonesia. Ternyata sudah menjadi mimpi Saad yaitu menulis Al Quran terbesar di dunia yang penuh keindahan dan kaya akan hiasan. Halaman-halaman Alquran uniknya dihiasi dengan formasi penuh warna serta desain dekoratif dan simbolis.

Meski berprofesi sebagai pemilik toko pakaian, tapi sebagian besar pendapatannya untuk proses pembuatan Al Qur’an tersebut. Saad menceritakan bahwa dirinya tidak menyelesaikan pendidikan formal. Namun hasil belajar secara otodidak ia berhasil membuat Al Qur’an nan indah.

Dalam proses pembuatan Al Qur’an, saad menggunakan bahan alami dalam proses pewarnaan yang ia beli dari “al-Attar” (toko rempah-rempah). Langkah ini diambil agar mengurangi biaya bahan-bahan yang digunakan dan ramah terhadap lingkungan.

Kemudian, Saad menjelaskan bahwa tidak mudah untuk menulis dengan tangan karena memerlukan ketepatan luar biasa untuk mencegah kesalahan agar tidak mengacaukan keseluruhan proses dan karyanya.

Saad sendiri telah membuat dua karya Al Qur’an, dimana yang pertama versi kecil Al Quran ditulis tahun 1996 waktu pengerjaannya juga selama tiga tahun. Setelah itu Al Qur’an terpanjang di dunia dengan panjang 700 meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X