Inspirasi

Ricky Elson Sang “Pelopor Mobil Listrik Indonesia”

Assalamu’alaikum….

Kamu kenal tidak dengan Ricky Elson, kalau tidak Anda perlu membaca artikel ini sampai selesai. Di masa menteri BUMN dipegang oleh pak Dahlan Iskan beliau sangat dikenal, karena pada saat itu ia merancang mobil listrik yang dinamakan dengan Selo.

Selo Mobil Listrik. Foto via Viva.co.id
Selo Mobil Listrik. Foto via Viva.co.id

Selo sendiri adalah mobil listrik sport. Saat itu Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan tengah menggagas mobil listrik Indonesia, dimana saat itu ada Tucuxi, Selo dan Gendhis.

Namun untuk Tucuxi pada massa uji coba lanjutan menempuh jarak total 1000 kilometer dari Solo ke Surabaya, 5 Januari 2013. mengalami kecelakaan di wilayah Plaosan, Magetan. Untungnya Menteri Dahlan Iskan bersama Ricky Elson menjadi pengendara dan penumpang selamat dan tidak mengalami luka.

Setelah Tucuxi, Menteri Dahlan Iskan dan beberapa ahli pengembangan teknologi lainnya memintah Ricky Elson untuk bergabung dalam Kementrian Riset dan teknologi Indonesia saat itu, Universitas, Lembaga penelitian, dan Lembaga pemerintahan yang mempunyai keterkaitan dengan bidang teknologi. Agar bersama mempercepat pengembangan mobil listrik Indonesia. Bahkan Menteri BUMN saat itu pak Dahlan Iskan rela untuk memberikan gajinya sebagai Menteri kepada Ricky Elson.

Pada pertengahan tahun 2013, Ricky Elson bersama timnya bekerja untuk menyelesaikan mobil listrik, dimana mobil listrik tersebut dinamakan Selo dan Gendhis. Mobil tersebut nantinya digunakan pada KTT APEC (Asia-Pacifik Economic Corperation). Sayangnya proyek mobil listrik nasional tersebut mengalami rintangan dengan adanya peraturan yang tidak kunjung keluar dan saat uji emisi sebelum diproduksi, Selo bersama mobil listrik yang dirancangnya tidak lolos uji emisi oleh Pemerintah Indonesia.

Setelah beberapa tahun tak terdengar lagi, bahkan pernah di isukan hijrah ke Malaysia. Sekarang pria kelahiran Padang, Sumatra Barat, 11 Juni 1980 tersebut. Tengah ada di Indonesia dan Ricky mengaku tetap berencana melakukan pengebangan mobil listrik. Seperti dikutip Rizensia.com dari Viva.co.id.

Ricky Elson. Foto via Rmolsumsel.com
Ricky Elson. Foto via Rmolsumsel.com

“Rencana (membuat mobil listrik) jalan terus. Masih pengembangan. Pengembangan tidak harus mobil Selo, tapi mobil listrik lainnya,” ungkap Ricky kepada VIVA.co.id, Rabu 20 Juli 2016.

Ricky mengaku, pengembangan yang dilakukan saat ini terus diintensifkan. Tidak hanya dari segi teknologi, tetapi beberapa aspek lain, termasuk sumber daya manusia.

Untuk pengembangan mobil listrik sendiri, kata Ricky, banyak yang dibutuhkan, mulai dari waktu, uang, regulasi, dan berbagai riset.

“Kami akan buat lagi (mobil listrik),” ujarnya.

Semoga rencana dari pak Ricky Elson sang”Pelopor Mobil Listrik Indonesia” menjadi kenyataan. Aamiin…. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X