Inspirasi

Lulusan Universitas Ini Menghasilkan Perusahaan Teknologi Paling Berpengaruh

Assalamu’alaikum….

Kualitas suatu institusi pendidikan salah satunya dilihat dari kesuksesan para lulusannya, jika lulusannya sukses tentu nama dan pamor universitas tersebut menjadi naik dan dianggap mempunyai kualitas pendidikan terbaik.

Nah, pada artikel kali ini Rizensia ingin membagikan informasi tentang “Lulusan Universitas Ini Menghasilkan Perusahaan Teknologi Paling Berpengaruh”. Tau tidak dengan Universitas Stanford Amerika Serikat, ternyata menjadi universitas yang mempunyai peranan penting terhadap perkembangan dunia digital.

Stanford University. Foto via Stanford.edu
Stanford University. Foto via Stanford.edu

Anda tau tidak dengan William Hewlett dan David Packard, meraka mempunyai usaha dengan nama Hewlett-Packard mereka adalah jebolan dari Stanford pada era 1930-an. Hewlett-Packard (HP) sendiri adalah salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, didalam usahanya perusahaan ini melayani bidang komputasi, percetakan, dan gambaran digital, serta menjual perangkat lunak dan pelayanan jasa lainnya.

Kemudian, merujuk Bisiness Insider, trio seperti Vinod Khosla, Scott McNealy, dan Andy Bechtolsheim, meraka adalah pendiri dari SUN Microsystem. SUN sendiri singkatan dari Stanford University Network.

Selanjutnya ada pendiri Cisco, Intel, Yahoo, Linkedln, Mozilla Firefox, dan Sergey Brin serta Larry Page, pendiri Google, semuanya adalah alumni dari University Stanford. Bahkan kampus tersebut mempunyai pengaruh besar terhadap kelahiran Silicon Valley, candradimuka industri digital Amerika bahkan Global.

Melansir dari CNBC, perusahaan peneliti dan investasi PitchBook mengeluarkan penelitian yaitu 10 universitas pencetak para pengusaha besar. Riset PichBook mengukur jumlah pengusaha atau pendiri perusahaan sepanjang periode 1 Januari 2006 hingga 15 Agustus 2016. Rabu (14/9/2016).

Stanford University sendiri selama satu dekade telah mengembangkan lebih dari 1.000 pengusaha dan jika di gabungkan uang yang diraih mencapai USD18,1 miliar.

Universitas yang terletak diantara San Jose dan San Francisco di Negara Bagian California, salah satu faktor yang membuat alumnusnya sukses adalah mereka membuat suatu jaringan atau komunitas dimana mereka saling bergotong royong membantu lulusan baru untuk memodali start-up dan mendapatkan pendanaan atas ide-ide yang mereka buat.

Dalam riset yang dirilis oleh PitchBook ada 10 Universitas yang menghasilkan pengusaha terbanyak, berikut ini diantaranya:

Universitas pencetak alumni pengusaha terbanyak menurut PitchBook. Foto via CNBC
Universitas pencetak alumni pengusaha terbanyak menurut PitchBook. Foto via CNBC

Menjadi seorang pengusaha memang tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan, ada sebuah proses yang harus dilalui untuk mendapatkan kesuksesan tersebut. Kemudian mempunyai pendidikan tinggi atau tidak, tak akan mempengaruhi apakah kita bisa menjadi pengusaha. Intinya adalah kemauan dan berani menghadapi jatuh bangun untuk meraih kesuksesan. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X