Informasi

Kuasai Blok Mahakam, Pertamina Pasok 30% Migas Nasional

Blok Mahakam aset minyak Indonesia
Blok Mahakam aset minyak Indonesia via Liputan6

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Tahun berganti menjadi titik balik yang baik untuk dunia permigasan nasional, karena telah beralihnya blok Mahakam sebagai Wilayah Kerja (WK) produksi gas bumi terbesar di Indonesia ke PT Pertamina (Persero) yang sebelumnya dikuasai oleh Total E&P Indonesie (TEPI).

Peralihan ini menjadi penantian yang lama karena WK Mahakam di Kalimantan Timur ini telah dikelola selama 50 tahun oleh TEPI & Inpex. Sekarang babak baru buat pertamina melalui cucu perusahaannya yaitu PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM).

Blok Mahakam sendiri adalah salah satu blok migas terbesar di Indonesia dimana mempunyai cadangan  mencapai 105 juta barel minyak dan 4.9 triliun kaki kubik gas. Sehingga menjadikan Blok migas ini dijadikan sebagai andalan pemerintah.

Dikutip dari Beritasatu.com, Data SKK Migas per November 2017 WK Mahakam mampu berproduksi minyak dan kondensat sebesar 52.000 barel minyak per hari dan 1.360 juta kaki kubik gas bumi per hari. Rupanya blok ini memang menjanjikan, terbukti dengan per 1 Januari 2016 sebesar 4,9 TCF gas, 57 juta barel minyak dan 45 juta barrel kondensat.

Melihat dari Persetujuan Program Kerja dan Anggaran (WP&B) 2018 oleh SKK Migas menargetkan produksi PT Pertamina Hulu Mahakam 42.010 barel minyak per hari dan 916 MMSCF gas per hari. Target yang dicapai oleh PT PMH itu dilakukan dengan cara melakukan pengeboran sumur pengembangan sebanyak 69 sumur, 132 workover sumur, 5623 perbaikan sumur serta POFD 5 lapangan migas di WK Mahakam.

Berikut Fakta tentang Blok Migas Mahakam yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur :

  • Data SKK Migas per November 2017: WK Mahakam berproduksi minyak dan kondensat sebesar 52.000 barel minyak per hari dan 1.360 juta kaki kubik gas bumi per hari.
  • Potensi di Blok Mahakam menjanjikan. Cadangan terbukti per 1 Januari 2016 sebesar 4,9 TCF gas, 57 juta barel minyak dan 45 juta barrel kondensat.
  • Cadangan migas Blok Mahakam mencapai 105 juta barel minyak dan 4.9 triliun kaki kubik gas.
  • Pengelolaan WK Mahakam oleh Pertamina. Hal ini menjadikan Pertamina sebagai penyumbang lebih dari 30 persen produksi minyak dan gas nasional pada tahun 2018.
  • Produksi. Persetujuan Program Kerja dan Anggaran (WP&B) 2018 oleh SKK Migas menargetkan produksi PHM 42.010 barel minyak per hari dan 916 MMSCF gas per hari.
  • Pengeboran. Angka tersebut direncanakan dicapai dengan pengeboran sumur pengembangan sebanyak 69 sumur, 132 workover sumur, 5623 perbaikan sumur serta POFD 5 lapangan migas di WK Mahakam.
  • Beroprasi. Selama beroperasi, kegiatan eksplorasi Blok Mahakam menghasilkan penemuan cadangan migas dalam jumlah yang besar di Bekapai pada 1972. Semenjak itu, secara berturut-turut hingga 1996 ditemukan cadangan migas di lapangan-lapangan lain seperti lapangan Handil, Tambora, Tunu, Peciko, Sisi, Nubi, dan South Mahakam.
  • Proyek Lapangan South Mahakam merupakan yang paling muda, baru mulai berproduksi pada 2013.
  • Terbesar. Penemuan-penemuan tersebut menjadikan Blok Mahakam sebagai salah satu blok migas terbesar di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *