Informasi, Wisata

Logo Baru Semangat Baru, Wonderful dan Pesona Indonesia! Ini Maknanya

Logo Wonderful Indonesia 2017-2018
Logo Wonderful Indonesia 2017-2018

Assalamu’allaikum……

Rizensia.com – Kementerian Pariwisata memberikan penyegaran pada logo “Wonderful dan Pesona Indonesia” dimana mengalami reposisi di tahun 2017-2018, perubahan logo ini tidak begitu mencolok dan masih menggambarkan sayap burung Garuda sebagai ikon utamanya.

Dalam rilis yang di bagikan oleh situs pesona.indonesia.travel. Bahwa logo ini akan meneruskan semangat pariwisata Indonesia lewat Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan destinasi di Indonesia berdasarkan konsep BAS (Branding, Advertising dan Selling).

Perubahan logo ini jika dilihat semakin dinamis, dimana keindahan logo Wonderful dan Pesona Indonesia telah dibangun beberapa tahun dan sekarang diperbaiki untuk meningkatkan efektifitas dari penggunaan logo. Sehingga jika kita lihat secara seksama pada logo terbaru “Wonderful/Pesona” diperbesar tujuannya untuk memastikan tagline tetap terlihat jelas ketika logo dimuat dalam ukuran kecil pada pengaplikasiannya. Kemudian untuk burung Garuda juga diperbesar untuk mengikuti kata “Wonderful Indonesia” dan “Pesona Indonesia”.

Dengan adanya perubahan tersebut membuat penempatan kalimat dan burung Garuda pun secara otomatis berpindah dari logo sebelumnya, sehingga ikon burung Garuda berpindah ke sebelah kanan dan menjadikan ikon burung berada diluar kata “Wonderful Indonesia”. Kemudian sebagai harmonisasi, sayap burung Garuda bewarna hijau dan biru dibuat terkoneksi dengan huruf ‘a’ dari kata “Indonesia”.

Logo Pesona Indonesia 2017-2018
Logo Pesona Indonesia 2017-2018 via pesona.indonesia.travel

Kemudian, perbaikan minor pada pembentukan sayap dan ekor ikon burung Garuda dimana agar keseluruan logo termuat sempurna. Untuk lengkungan ekor Garuda dapat diatur sesuai ketersedian ruang. Sehingga perbaikan ini bersifat opsional mengikuti ketersedian ruang pengaplikasian logo.

Tanda lain dari perubahan logo ini, bisa di lihat dari perubahan huruf ‘e’ dimana bentuknya lebih jelas dan tegas. Pada logo sebelumnya huruf ‘e’ cenderung membulat sehingga terlihat tidak jelas bahkan mirip huruf ‘o’. Dalam pengaturan tipografi, jenis font “Signika” dengan pengaturan “Signika Semibold” untuk kata “Indonesia”, dan “Signika Light” untuk kata “Wonderful”.

Kemudian gambar ikon burung Garuda yang tanpa sudut tetap dipertahankan, ke eksotikan warna indah dengan masing-masing memiliki makna tetap dipertahankan pada logo baru ini. Misalnya Warna Biru melambangkan kesemestaan, hijau sebagai kreatifitas dan ramah pada alam, jingga lambang inovasi dan semangat pembaruan, ungu simbol daya imajinasi dan keimanan, serta magenta merupakan simbol keseimbangan akal sehat dan sifat praktis. Rentangan sayap Garuda pada logo ini memiliki makna hasrat kuat untuk terbang jauh sekaligus perlambang kedamaian.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X