Informasi

Peringkat Indonesia Disektor Daya Saing Meningkat

Perkembang ekonomi Indonesia
Ilustrasi. Foto via bisnis.com

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Di era persaingan membuat setiap orang, bahkan negara berlomba-lomba untuk bisa bersaing menjadi negara dengan daya saing yang baik, karena dengan memiliki daya saing yang baik tentu akan berdampak pada pembagunan suatu negara dari berbagai sektor seperti Investasi, Pembangunan dan lain sebagainya.

Meski dalam survei yang diungkap oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF) Indonesia mengalami peningkatan tapi tak membuat Wakil Presiden Jusuf Kalla menjadi berbangga hati, bahkan ia belum puas dengan prestasi ini.

Ia mengatakan bahwa daya saing Indonesia belum cukup tinggi di kawasan Asia Tenggara. Meski, survei dari Forum Ekonomi Dunia (WEF) baru saja mengumumkan daya saing RI naik ke Posisi 36 atau naik 5 tingkat dibanding periode sebelumnya pada posisi ke 41.

Pernyataan ini disampaikan oleh Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi di Istana Wakil Presiden usai melakukan rapat internal dengan Wapres JK.

“Iya, belum cukup, kita masih perlu melakukan perbaikan-perbaikan internal, pertama peraturan-peraturan kita, yang kedua kepastian hukum, ketiga memang infrastruktur yang mau dibangun besar-besaran ini harus betul-betul terjadi,” katanya seperti dikutip dari Antara, Jakarta, Jumat (29/9).

Berdasarkan survei Daya Saing Global WEF 2017/2018, Indonesia berada di posisi 36 dari 137 negara anggota forum. 

Jika dibandingkan dengan negara tetanga seperti Thailand dan Malaysia, Indonesia masih dibawah kedua negara tersebut. Thailand berada di peringkat 32 sendangkan Malaysia ada di posisi 23.

Tak hanya posisi daya saing negara Indonesia meningkat, tapi pada sektor seperti peningkatan daya saing infrastruktur dari peringkat 60 menjadi 52 pada periode ini.

Kemudian, Indonesia dalam peringkat inovasi pun meningkat, dimana menduduki peringkat 31 dan 32 pada kepuasan berbisnis.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X