Informasi

PBB Akui Jumlah Pulau Indonesia Sebanyak 16.056

Togean Kabupaten Tojo Una-una, Sulteng. Foto via CruisingIndonesia.com
Togean Kabupaten Tojo Una-una, Sulteng. Foto via CruisingIndonesia.com

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Sekitar 16.056 pulau telah diakui oleh PBB belum lama ini, dimana bentangan pulau dari Sabang sampai Marauke dan dari Miangas sampai Rote. Pengakuan ini berlangsung pada tanggal 7 – 18 Agustus 2017 di New York, Amerika Serikat.

Pengakuan ini dilakukan dalam forum United Nations Conferences on the Standardization of Geographical Names (UNCSGN) dan United Nations Group of Experts on Geographical Names (UNGEGN). Di forum ini Indonesia melalui Kepala Badan Informasi Geospasial dan Perikanan (KKP), serta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mendaftarkan 2.590 pulau lagi kepada PBB.

Sebelumnya jumlah pulau Indonesia sebanyak 13.466 pulau, sehingga jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia sebanyak 16.056 pulau. Dari kesemua pulau tersebut sudah mempunyai nama dan koordinat masing-masing, seperti yang dijelaskan oleh Hasanuddin Z. Abidin dalam pernyataan pers diterima Lensaindoneaia.com dari New York, AS, Jumat (18/8/2017).

“Pada tahun 2012 Indonesia mendaftarkan 13.466 pulau yang memiliki nama dan koordinat kepada PBB melalui forum UNCSGN dan UNGEGN ini. Sehingga jumlah pulau di Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang didaftarkan sebanyak 16.056 pulau sudah mempunyai nama dan berkoordinat.” ujarnya

UNCSGN sendiri adalah forum yang diselenggarakan setiap 5 tahun oleh PBB, sendangkan UNGEGN adalah pertemuan yang membahas tentang hasil kebijakan dari pertemuan UNCSGN.

Pendaftaran Pulau serta Nama dan Koordinat ini adalah salah satu cara Indonesia memperkuat kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, agar diakui secara hukum oleh dunia Internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X