Informasi

Hut RI Ke 72, TNI Gelar Aksi Gerakan Doa Bersama 171717 ‘Muroja’ah’

Hut RI Ke 72, TNI Gelar Aksi Gerkan Doa Bersama 171717
Hut RI Ke 72, TNI Gelar Aksi Gerkan Doa Bersama 171717 ‘Muroja’ah’

​Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Menyambut HUT RI ke 72 TNI menggelar aksi Gerakan Doa Bersama 171717 (tanggal 17 Agustus Pukul 17.00 Tahun 2017) dengan mengambil tema ‘Miroja’ah Untuk Lebih Bekasih Sayang’. Grakan ini nantinya akan digelar dari sabang sampai marauke.

Acara ini bertujuan untuk memintah rahmat Tuhan unuk bangsa Indonesia agar terhindar dari perpecahan. Seperti di ungkapkan oleh Panglima TNI, Jendral Gatot Nurmantyo.

“Acara 17 Agustus berlatar belakang undang-undang, keinginan luhur, karena kita semua sadar, untuk meminta agar rahmat Tuhan tetap diberikan pada rakyat Indonesia,” kata Panglima TNI di Jakarta, Senin (14/8). Dikitip dari Republika.co.id

Nantinya petempat pelaksanaan kegiatan ini akan di pusatkan di Markas atau kangor satuan jajaran TNI. Seperti yang dikatakan oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Wuryanto, mengatakan kegiatan 17 17 17 akan dilaksanakan di Markas atau kantor satuan jajaran TNI AD, TNI AL, dan TNI AU selama satu jam (17.00 WIB hingga 18.00 WIB) waktu setempat di seluruh wilayah Indonesia. Doa bersama ini akan dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia oleh prajurit TNI bersama masyarakat pada 17 Agustus.

Kegiatan ini melibatkan para pemuka lintas agama, dimana pada kegiatan ini selain berdoa bersama, juga di barengi dengan membaca dan muroja’ah Alqur’an untuk khataman bersama.

“Bagi yang beragama Islam khusus para hafiz, penghafal Alquran, untuk khataman bersama, sedangkan yang beragama Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Konghucu dipimpin oleh pemuka agama masing-masing sesuai wilayah waktu setempat,” kata Wuryanto.

Dia menyebut, kegiatan ini bertujuan agar sesama anak bangsa Indonesia lebih berkasih sayang dan tetap dapat menjaga kebersamaan, persatuan, dan keutuhan dalam bingkai NKRI. “Mari kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan sungguh-sungguh dan memohon pada waktu yang sama, mudah-mudahan semuanya dikabulkan agar kita penuh dengan kasih sayang, hidup rukun dan damai,” ujarnya.

Begitu pula yang disampaikan oleh pimpinan Indonesia Murojaah Foundation, KH Deden Muhammad Makhyaruddin saat acara Halal Bihalal Bersama Para Penghafal Alquran Juara Dunia di Masjid An -Nahl The Icon BSD City, Tangerang Selatan, belum lama ini.

Meski murojaah kental dengan tradisi menghafal Alquran dalam agama Islam, menurut KH Deden, Aksi Kasih Sayang 171717 melibatkan semua komponen bangsa, termasuk nonmuslim. Hal ini karena kasih sayang adalah perekat persatuan terkuat, dan Indonesia tengah sangat membutuhkannya.

“Semakin banyak ayatnya semakin kasih sayang. Karenanya kita meminjam istilah murojaah untuk kagiatan doa bersama ini sesuai tema- nya, yaitu Indonesia lebih kasih sayang , ” kata kang Deden, panggilan akrab inisiator gerakan Indonesia Murojaah. Dikutip dari Ngelmu.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X