Informasi

Konsumsi Plastik di Indonesia Mencapai 5 Juta Ton per Tahun

Foto Tempat Pembuagan Akhir Sampah Kawatuna Palu. Foto via Antara Foto

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Penggunaan plastik membuat kita menjadi lebih mudah dan praktis di dalam melakukan aktivitas pengemasan baik itu makanan dan lain-lainnya.

Akan tetapi jika kita tidak bijak didalam penggunaan plastik tentu akan memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan sekitar, contohnya dalam penggunaan kantong kresek/plastik kita biasanya menggunakannya hanya sekali pakai saja untung-untungan jika kita buang di tempat sampah kalau tidak tentu ini berdampak besar lagi bagi lingkungan.

Anda Tau tidak? Bahwa konsumsi plastik di negara kita Indonesia mencapai 5 juta ton per tahun. Dari jumlah produksi plastik tersebut banyak diserap oleh industri makanan dan minuman untuk kemasan.

Namun, dari jumlah konsunsi plastik itu Indonesia baru mampu menyediakan kapasitas produksi plastik yang dapat terurai secara alami (biodegradable plastic) ini sebesar 200 ribu ton per tahun.

Nah, untuk menekan produksi plastik yang susah terurai, maka pemerintah salah satunya terus menggenjot produksi plastik yang mudah terurai.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian menargetkan peningkatan produksi plastik rama lingkungan sebesar 5 persen per tahunnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah masih kesulitan untuk menghapus penggunaan produk plastik secara keseluruhan. Namun, inisiatif yang bisa didorong adalah memakai ulang plastik (reuse), mengurangi pemakaian plastik (reduce), mendaur ulang sampah plastik (recycle), serta mengembalikan ke alam melalui penguraian alami.

Tentunya ini menjadi tanggung jawab kita bersama didalam menggunakan plastik, bagaimana kita bijak dalam penggunaan plastik seperti yang di jelaskan oleh Menteri Perindustrian dengan cara memakai ulang plastik (reuse), mengurangi pemakaian plastik (reduce), mendaur ulang sampah plastik (recycle).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X