Informasi, Inspirasi

Bekasi Menjadi Kota Pertama Di Indonesia Menggunakan Campuran Aspal dan Plastik

Ilustrasi. Foto via Media Tata Ruang

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Jika Inggris dan India telah mencoba menggunakan campuran plastik pada aspal di jalan raya mereka, kini Indonesia akan melakukan hal serupa dan kota pertama yang akan menggunakannya di Indonesia adalah Kota Bekasi.

Proyek percontohan ini akan di mulai pada beberapa ruas jalan di Bekasi. Tujuan dari proyek ini ialah untuk mengurangi jumlah penumpukan sampah, kemudian masalah dari kualitas aspal campur plastik ini cukup baik.

Seperti dikutip dari Katadata.co.id. Bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mulai mencampur sampah plastik dengan aspal di beberapa ruas jalan di Bekasi. Proyek percontohan ini dimaksudkan untuk mengurangi penumpukan plastik di dalam negeri.

Rencana Proyek ini sedang melalui pengkajian terlebih dahulu, tentang bagaimana komposisi yang sesuai demi mendapatkan kualitas aspal yang baik.

Saat ini Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian PUPR sedang meneliti komposisi yang sesuai untuk campuran tersebut. “Kandungan plastiknya bisa mencapai 6 persen sampai 10 persen secara maksimal. Tahun ini bisa kami mulai,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono di Gedung Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Jumat(7/7).

Sedangkan negara yang sudah menggunakan plastik sebagai campuran dalam membuat aspal seperti India dan Inggris. Sendangkan masalah biaya, Basuki mengatakan lebih mahal jika dibandingkan dengan campur bahan lain.

Basuki mengatakan, saat ini India dan Inggris sudah menggunakan plastik sebagai campuran ketika membuat aspal. Hasilnya, kualitas aspal dengan campuran plastik cukup bagus.

“Biayanya mencapai Rp 1 miliar untuk 1 kilometer. Sedangkan campuran (bahan lain) bisa lebih mahal sedikit,” kata Basuki.

Proyek ini tentunya akan memberikan manfaat yang besar untuk mengurangi jumlah sampah plastik di Tempat pembuangan akhir sampah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X