Informasi, Teknologi

415 Laporan Masuk Ke Mastel, Masalah Dominan Tentang Sospol dan Berita Hoax

Ilustrasi. Foto via Indotelko.com

Assalamu’allaikum…..

Dalam kurun waktu lima bulan terakhir, setidaknya terdapat 415 laporan masuk ke aplikasi besutan organisasi Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel). Organisasi itu mengungkapkan bahwa berita palsu (Hoax) berkaitan dengan isu sosial politik (sospol) mendominasi laporan tersebut.

Periode lima bulan itu dari bulan Januari hingga Mei 2017, presentasenya pun sebanyak 63,6% berisikan laporan tentang isu politik, disusul laporan tentang Hoax atau fitnah sekitar 46,1%, sisanya laporan masalah agama.

Data dari rilis update dasboard aplikasi Mastel mengungkapkan, bahwa sumber terbesar penyebab berita Hoax dari media sosial (53,3%). Kemudian konten berisi hasutan juga lumayan banyak masuk ke aplikasi Mastel dalam periode lima bulan terakhir. Ada juga laporan tentang konten berisikan penipuan.

Sebelumnya, Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) memberikan fasilitas digital bagi pengguna media sosial yang terganggu dengan berita fitnah atau hoax yang belakangan ini marak terjadi di dunia maya.

Kedepannya Mastel akan meningkatkan kemampuan pemantauan hoax dimana dari dashboard, akan dilanjutkan ke integrasi, verifikasi dan law enforcement yang berIntegrasi dengan otoritas seperti Kemkominfo, dan lainnya. Untuk verifikasi (fact check) akan melibatkan relawan sebagai duta anti hoax.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X