Informasi, Teknologi

Sms Minta Kode Verifikasi, Hati-hati Kasus Penipuan Jenis Baru

Assalamu’allaikum…..

Rizensia.com – Ada-ada saja cara orang tak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan kepada para korbanya. Kini yang lagi rame modus penipuan baru dimana kasus permintaan forward sms berisi kode rahasia dari nomor shortcode tertentu.

Seperti kisah yang beredar di media sosial, seorang netizen mengaku mendapatkan telepon dari seseorang yang tak dikenal. Orang tersebut mengaku sebagai pihak yang seharusnya menerima SMS berisi kode rahasia dari nomor pendek (penyedia konten premium) tersebut.

Akan tetapi SMS berisi kode rahasia itu, yang seharusnya masuk ke nomor si penelepon, diklaim nyasar ke nomor handphone sih korban. Sehingga kita di sarankan oleh sih penelpon untuk mengirimkan kode itu ke dia, akan tetapi awal permasalahannya dari situ.

Saat di telusuri lebih lanjut, ternyata SMS kode rahasia itu merupakan kode verifikasi atas sebuah transaksi yang dilakukan si penelepon. Jika SMS tersebut di forward maka si penelepon bisa melanjutkan transaksi maka sih penelpon bisa membebankan biaya pulsa ke korban tersebut.

Dalam tulisan yang beredar di media sosial itu disebutkan jika modus tersebut digunakan oleh mereka para pelaku penipu untuk berbelanja item game online atau barang apapun di dunia maya.

Sementara itu pihak XL, sebagai operator yang dikaitkan dalam kisah penipuan tersebut, mengaku sudah memberikan imbauan kepada pelanggan agar waspada terhadap segala modus penipuan yang terjadi.

Di kutip dari Viva.co.id “Jika menerima SMS mencurigakan dari nomor tertentu yang berisi kode rahasia/transaksi pembayaran dan merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut, dimohon untuk mengabaikan SMS tersebut. Jika dihubungi seseorang untuk diminta mengirimkan atau menyebarkan kode verifikasi/kode rahasia yang diterima dari XL, dimohon untuk mengabaikan agar tidak terjadi penyalahgunaan akun,” demikian imbauan dari pihak XL, yang dilontarkan GM Corporate Communication XL, Tri Wahyuningsih, kepada Viva.co.id, Rabu, 31 Mei 2017.

Selanjutnya, Ayu mengatakan, jika pelanggan merasa ragu-ragu atas SMS mencurigakan dan atau permintaan seseorang untuk mengirimkan kode verifikasi/kode rahasia tersebut, dimohon untuk langsung menghubungi customer service XL untuk mengecek kebenaran atas informasi tersebut melalui akun twitter @myXLCare atau tlp 817 dari nomor XL

“Bagi yang mengalami modus penipuan tersebut, dimohon untuk bisa melaporkan langsung kepada pihak yang berwajib untuk penanganan lebih lanjut karena penipuan merupakan tindak pidana kriminal,” katanya.

Kalau saran dari Rizensia.com hal-hal seperti itu jangan di hiraukan, apapun alasan dari para pelaku jangan di respon serius. Akan tetapi kalau para pelaku terus menelpon Anda, maka lebih baik blokir ajah nomornya supaya tidak menggangu Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X