Informasi

Ilmuwan Spanyol Temukan Ulat yang Bisa Memakan Plastik

Ulat pemakan plastik (Spanish National Research Council Communications Departmen).

Assalamu’allaikum….

Masalah limbah plastik sudah menjadi perhatian bagi setiap warga dunia, karena semakin besarnya pemakaian plastik dan dalam pendaurannya di alam pun sangat lambat. Sehingga para peneliti harus memutar otak untuk menemukan cara pengolahan plastik yang lebih mudah.

Diberitakan AP, Kamis (27/04), Ilmuwan dari Spanish National Research Council (CSIC), Federica Bertocchini dalam penemuanya, menemukan larva ngengat yang memakan kandungan lilin pada sarang lebah, ternyata bisa mengurai plastik.

Berdasarkan percobaan ulat tersebut dapat memecah ikatan kimia plastik dengan cara yang sama saat mereka mencerna lilin pada sarang lebah. Ulat ngengat Galleria mellonella itu, dapat menghasilkan lubang di kantong plastik kurang dari satu jam.

Waktu yang di butuhkan ulat itu tergolong cepat, jika dibandingkan dengan hasil uji coba yang menggunakan berbagai macam bakteri.

Para ilmuwan tersebut kini tengah mendalami lebih jauh tentang sifat ulat tersebut agar menjadi solusi dan bisa diterapkan untuk mengatasi masalah limbah plastik yang telah mencemari bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X