Informasi, Teknologi

Wow! Menara Ini Bisa Memfilter Udara Disekitarnya

Assalamu’allaikum….

Inovasi yang kren diciptakan oleh karya desainer asal belanda, karena berkat proyek inovatifnya ia mampu memfilter udara dan mengubah kabut asap hasil filter menjadi perhiasan berharga. Nah, dari proyeknya tersebut ia membuat suatu menara, dimana menara tersebut dapat memfilter udara sedemikian mungkin.

Menara filter udara. Foto via DW.com/id
Menara filter udara. Foto via DW.com/id

Dengan model yang terlihat modern dan futuristik ini didesain oleh Daan Roosegaarde. Meski terlihat sederhana, menara ini bisa membersihkan udara disekitarnya.

Di dalam alat ini, terdapat filter udara berteknologi teranyar, dimana sangat efisien. Karena mampu menyaring partikel terkecil sekalipun, lalu alat ini juga sangat hemat energi. Di dalam percobaan alat ini mampu membersikan udara disekitar menara sekitar 75% lebih bersih ketimbang udara kota.

Rencana dari Roosegaarde sebenarnya cuma menyulap ruang publik menjadi kawasan berudara bersih di kota-kota yang berpolusi tinggi seperti Beijing. Karena satu menara saja tak mampu membersikan satu kota.

36557918_303

Dari hasil penyaringan alat tersebut, memunculkan limbah partikel-partikel polusi. Sehingga membuat Roosegaarde mencari cara untuk mendaur ulang partikel polusi yang tersaring oleh menara udara buatanya. Karena ia berkeyakinan bahwa masa depan tanpa sampah.

Sehingga ia memutuskan untuk menyulap partikel kotor tersebut menjadi sesuatu yang berharga. Caranya, dengan mengelolah limbah lewat proses bertekanan tinggi selama 30 menit, kemudian menyelubunginya dengan kaca akrilik dan hasilnya Roosegaarde berhasil memproduksi perhiasan berharga, smisal “Sog Free Ring”.

Daan Roosegaarde tidak asing lagi di dalam membuat gagasan inovatif untuk masa depan. Bahkan ia pernah merancang jalur sepeda bercahaya. Untuk melancarkan idenya tersebut ia menggunakan cat Fluoresensi yang menyerap energi matahari di siang hari dan bisa mengeluarkan cahaya tersebut selama 8 jam di malam hari. Refrensi (DW.com/id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X