Informasi

Dari Jumlah Penuturan Bahasa Mandarin Menempati Posisi Pertama

Assalamu’allaikum….

Kita tau bersama bahwa bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional, akan tetapi dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bahasa Inggris tak lagi menjadi bahasa populer. Bahkan sekarang bahasa Mandari menempati posisi pertama dari segi jumlah penuturan.

Ilustrasi.

Hal tersebut berdasarkan temuan Etnologue, sebuah lembaga jasa lingustik. Dimana pada tahun 2009 ada sekitar 7.358 bahasa yang ada didunia. Penemuan itu meningkat jika dibandingkan pada tahun 2005 yang berjumlah 6.912.

Dan yang paling mengejutkan meski bahasa inggris menjadi bahasa resmi dibeberapa negara atau menjadi bahasa kedua setelah bahasa nasional suatu negara, atau organisasi internasional, ekonomi global, nyatanya bahasa Inggris justru berada di peringat ketiga dalam jumlah penuturan.

Sendangkan bahasa Mandari menempati posisi pertama sebagai bahasa yang paling banyak digunakan, selanjutnya disusul oleh bahasa Spanyol di peringat kedua.

Kemudian, didalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bahasa resmi tak hanya Bahasa Inggris saja, melainkan ada bahasa Mandarin, Prancis, Spaanyol, Rusia, dan Arab.

Populernya bahasa Mandari di dalam bahasa penghubung Internasional tak terlepas dari peran kedikdayaan ekonomi cina. Negara tirai bambu tersebut banyak melakukan investasi dibeberapa negara berkembang dan maupun negara maju, membuat bahasa Mandari menjadi bahasa populer.

Namun didalam penggunaan bahasa di negara-negara di dunia, bahasa Inggris menempati posisi tertinggi. Bahasa Inggris digunakan di 101 negara, disusul bahasa Arab di 60 negara, Prancis di 51 negara, Cina di 33 negara, Spanyol di 31 negara, Persia di 29 negara, Jerman di 18 negara, Rusia di 16 negara, Melayu di 13 negara, dan Portugis di 12 negara.(io/tc)

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X