Informasi, Teknologi

Jalur Sepeda Di Belanda Bisa Menghasilkan Listrik

Assalamu’alaikum….

Diera se-moderen sekarang ini, inovasi-inovasi disektor teknologi terus dilakukan agar bisa mendapatkan teknologi yang bermanfaat dan berguna di masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan oleh negara terkenal dengan julukan Negeri Kincir Angin, dimana mereka menyediakan jalur sepeda khusus didalamnya terdapat generator pembangkit listrik tenaga surya.

Jalur sepeda yang bisa menghasilkan listrik.
Jalur sepeda yang bisa menghasilkan listrik

Jadi tak perlu heran jika Belanda akan menemukan panel-panel surya yang diletakkan dijalur sepeda. Nama panel tersebut adalah SolaRoad, SolaRoad sendiri adalah panel surya yang terbuat dari fabrikasi beton yang berukuran 2,5 dan 3,5 meter ini pada bagian atasnya dan cahaya untuk diubah menjadi energi listrik.

Proyek ini telah menghabiskan total dana sebesar 3,5 juta euro atau setara Rp 52,8 miliar, 1,5 juta euro atau Rp 2,26 miliar dari pemerintah provinsi Belanda Utara dan sisanya dari mitra konsorsium.

SolaRoad adalah suatu lapisan kaca yang tembus pandang setebal 1 cm yang diletakan diatas beton jalan. Di bawah kaca terdapat krista silicon sel surya. Lapisan atas SolaRoad dirancang khusus untuk menolak kotoran, tahan slip, dan sangat kuat. Pada tahun lalu, jalan di Krommenie dijadikan pilot project program ini, diprediksi mampu menghasilkan 9.800 kilowatt energi dalam satu tahun, dimana mampu memasok listrik untuk tiga rumah.

Di Belanda sendiri mempunyai panjang jalan kota mencapai 140.000 kilometer, dan 120.000 kilometer untuk jenis jalan yang lebih kecil, termasuk jalan provinsi dan jalur sepeda. Dengan begitu kemunginan tak hanya jalur sepeda saja yang dipasangi panel surya akan tetapi jalan raya yang berskala besar.

Proyek ini dikembangkan oleh konsorsium yang terdiri dari lembaga penelitian TNO Belanda, Provinsi Noord-Holland, perusahaan kontruksi jalan Ooms Civiel dan penyedia solusi teknik imtech.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X