Informasi, Top

Cina Berhasil Luncurkan Roket Kargo Terbesar Diluar Angkasa

NASA mungkin sering kita dengar saat membahas masalah antariksa, bahkan mereka sudah melakukan berbagai macam misi untuk mengenal luar angkasa. Tetapi sekarang Amerika Serikat melalui badan antariksa NASA, sudah mulai mendapatkan teman lainnya dari negara adidaya lainnya seperti negara Tirai Bambu.

Roket Long March 5. Foto via popsci.com
Roket Long March 5. Foto via popsci.com

Baru-baru ini Cina sukses meluncurkan roket kargo terbesar! Dimana roket tersebut mampu mengangkat beban hingga 25 ton. Peluncuran perdana roket kargo terbesar milik Cina, Long March 5 dari Wenchang Satelite Launch Center menandai era baru, dimana perang program ambisius di luar angkasa yang dilakukan oleh beberapa negara.

Bahkan Cina sekarang mendemonstrasikan kemampuan menyaingi pemain kawakan yaitu Amerika Serikat, Eropa dan Rusia dalam dunia antariksa. Roket Long March 5 yang memiliki panjang 57 meter itu dilengkapi empat mesin penyemburan untuk “lift off” dengan daya luncur keseluruhan lebih dari 1.000 ton.

Kemudian, Cina menandakan/melabeli  roket yang mereka bangun tersebut memiliki bahan bakar kryogenik, yaitu campuran antara oksigen dan hidrogen cair bersuhu amat rendah. Bahkan bahan bakar tersebut diklaim sangat stabil. Membuat roket Long March 5 ramah lingkungan karena tidak beracun, dan bebas polusi.

Pihak Beijing juga mengklaim telah menerapkan teknologi termodern dirungan pengendali roket. Dengan suksesnya peluncuran roket kargo tersebut, membuat Cina semakin mantap untuk menggolkan rencana misi ambisius terdekat mereka, yakni membangun stasiun ruang angkasa permanen di orbiter Bumi.

Dengan begitu Cina akan siap menguasai antariksa, karena sebeumnya Cina juga telah sukses dengan misi peluncuran modul stasiun ruang angkasa Tiangong2 (Tangga Langit). Kemudian, masih banyak lagi rencana-rencana penerbangan menuju ke luar angkasa yang dilakukan oleh Cina, seperti penerbangan ulang-aling robotik ke Bulan. Selanjutnya, penerbangan perdana ke planet Mars pada tahun 2020 disusul dengan pendaratan rover peniliti di planet merah itu beberapa waktu yang akan datang.

Long March didalam peluncurannya pada hari kamis lalu, membawa satelit ujicoba yang akan melakukan eksperimen propulsi listrik di kawasan orbit Bumi. refrensi (DW indonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X