Informasi

Olimpiade Pencinta Qur’an (OPQ): Event Al Qur’an International Dari Komunitas ODOJ

Assalamu’alaikum….

ODOJ atau Komunitas One Day One Juz di bulan November mendatang akan mengadakan Event berskala International, yaitu Olimpiade Pencinta Qur’an (OPQ). Dimana Event ini nantinya diselenggarakan di Islamic Center Bekasi & Chandrabaga Stadium, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada 5-13 November mendatang.

Dalam event ini terdapat beberapa agenda acara, seperti Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ), Tafsir Qur’an (TQ), Tausiyah 5 Syeikh dari 5 Benua, Wisudah Akbar 1.000 Pengajar Qur’an, Robot ODOJ, Demo Aplikasi ODOJ, Festival Qur’an, Book Fair, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

Dan yang menjadi puncak dari acara OPQ adalah akandiisi tilawah akbar dengan mengundang lima syaikh dari perwakilan lima benua dan penampilan dari robot ODOJ yang bisa membaca Al-Qur’an.

7c6154f96ab7715015dc8c8ca2ac7387d386dfe4

Dikutip dari situs resmi ODOJ, menurut Bakat Setiaji, selaku ketua pelaksana OPQ, tema yang diusung adalah “Islamic Modern lifestyle”. Dengan mengundang sekitar 30.000 ODOJers pada festival Al Qur’an, serta mengajak 100.000 ODOJers untuk hadir dalam tilawah akbar diakhir rangkaian acara.

Event dengan skala internasional ini terbagi dalam tiga rangkaian acara besar,yaitu: Lomba Utama,Festival Quran, dan Tilawah Akbar. Untuk jenis lomba utama terbagi dalam kategori Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifdzhil Quran (MHQ), dan Tafsir Quran (TQ) dengan kategori Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab.

Tak hanya itu para pengisi acara seperti publik figur, tokoh masyarakat, beberapa Da’i kondang dan juga komunitas-komunitas islam di Indonesia. Serta akan menghadirkan 5 Syaikh dari 5 Benua serta sari tilawah dalam 5 bahasa. Dan juga launching robot yang bisa mengaji.

Olimpiade Pencinta Qur’an (OPQ) sendiri telah diselenggarakan di tingkat daerah, dimana setiap daerah mengutus perwakilannya dalam mengikuti lomba MTQ, MHQ, dan TQ tingkat OPQ International.

One Day One Juz (ODOJ) sendiri adalah program yang diinisiasi oleh Alumni Rumah Qur’an untuk memfasilitasi dan mempermudah kita dalam tilawah Al-Qur’an dengan targetan 1 juz sehari. Dimana komunitas ini memanfaatkan media sosial sebagai media penghubungnya, seperti Whatsapp, dan BBM. Saat ini ODOJ kurang lebih telah memiliki 4.470 group di seluruh Indonesia dan Luar Negeri. Dalam satu group memiliki 30 orang anggota dan masing-masing membaca 1 juz dalam sehari.

Tag:, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X