Informasi, Otomotif, Tips & Trik

Jangan Main Handphone Saat Mengemudi Jika Tidak Mau Didenda

Assalamu’alaikum…

Sekarang ini jaman mobile dimana akses dalam berkomunikasi semakin mudah, sehingga disaat kita menanyakan keberadaan seseorang tak memerlukan waktu yang lama lagi, Akan tetapi ada kesalahan yang cukup fatal yang biasanya dilakukan oleh pengendara dalam berkendara dijalanan, yaitu memainkan smartphone disaat mengemudi.

Ilustrasi. Foto via kompasiana.com
Ilustrasi. Foto via kompasiana.com

Hal ini mungkin bagi sebagian orang dianggap hal biasa, akan tetapi berkomunikasi menggunakan handphone saat dijalan raya mempunyai resiko yang berkali-kali lipat terjadinya kecelakaan.

Karena konsentrasi kita dalam berkendara akan terpecah, sehingga kita tidak maksimal mengendarai kendaraan kita baik itu Roda dua (sepeda motor), atau Roda empat (Mobil, truk dan lain-lainnya). Jadi diperlukan kesadaran pribadi dari pengendara dalam mengendarai kendaraanya, agar terhindar dari kecelakaan yang merugikan semua pihak.

Pihak polisi sendiri telah merespon kebiasaan pengendara disaat berkendara menggunakan Handphone. Didalam situs resmi Mabes Polri, menjelaskan jika menggnuakan ponsel pada saat mengemudikan kendaraan maka, pengendara telah melanggar Pasal 283, Undang-undang Nomor 22 tahun 2009.

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)” ?

Ini perlu di perhatikan oleh para pengendara agar tak di denda Rp750 ribu. Solusi tepat saat berkendara sebaiknya berhenti dipinggir jalan disaat mengangkat panggulan masuk atau membaca pesan. Cara lainnya, jika Anda berkendara dan mempunyai boncengan (sepeda motor) atau ada penumpang lain (mobil) maka Anda bisa menyuruh mereka untuk mengangkat panggilan atau membaca pesan yang masuk.

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi Anda. Salam….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X