Informasi, Inspirasi

Irak & Libiya Menjadi Negara Paling Murah Hati

Assalamu’alaikum….

Belum lama ini Rizensia membahas tentang negara paling dermawan di Dunia, menempatkan negara Myanmar menjadi negara paling dermawan dan disusul oleh Indonesia ditempati posisi kedua.

Masyarakat Irak. Foto via Pars Today
Masyarakat Irak. Foto via Pars Today

Nah, pada kali ini Rizensia akan membagikan beberapa negara paling murah hati. Maksud dari murah hati ini adalah negara dimana warganya paling tulus menolong orang asing meski mereka tidak mengenalinya.

Meski Irak dan Libiya menjadi negara yang dilanda konflik saudara, tetapi negara tersebut masuk dan menempati posisi teratas karena warganya paling tulus tolong menolong orang asing. Seperti data indeks global kedermawanan dari Yayasan Bantuan Amal (CAF) yang Rizensia kutip dari Reuters.

Menurut indeks tersebut, 81 persen orang irak tulus menolong orang yang tidak dikenalnya. Sekitar separuh manusia di 140 negara yang disurvei mengaku menolong orang asing sangat intens dan paling tulus menolong berasal dari negara-negara yang ditimpa oleh bancana dan perang.

Meski irak diguncang ketidakstabilan dan kekerasan, Irak dua kali ditempatkan pada puncak peringkat negara paling tulus menolong orang asing. Kemudian, Libiya menjadi negara kedua dalam indeks tersebut, meski negara Libiya tengah dilanda dengan konflik tetapi warganya sangat murah hati.

Di urutan ketiga, ditempaati oleh Somalia. Padahal negara afrika tersebut dilanda perang saudara selama 25 tahun. Seperti dikutip dari Reuters, Adam Pickering salah satu orang yang berasal dari CAF mengatakan

“Saya kira pelajaran dari sini adalah masyarakat luar biasa tabah dan bahwa bencana-bencana skala besar cenderung mengaktifkan tanggapan kemanusiaan kolektif.”

Tentu ini menjadi salah satu yang patut kita tiru dari negara-negara murah hati diatas, meski mereka dalam keadaan dilanda konflik dan bencana akan tetapi mereka sangat bersemangat dalam saling bantu-membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X