Informasi, Teknologi, Top

Mahasiswa Ini Ciptakan Alat Pengatur Jenis Kelamin Hewan

Assalamu’alaikum…..

Apa jadinya jika kita bisa mengatur jenis kelamin hewan ternak kita? Mungkin sebagaian dari kita menganggapnya itu mustahil, tetapi lima mahasiswa dari gabungan Fakultas Teknik dan Fakultas Peternakan telah menciptakan alat Swimp Up-Sorter. Dimana alat tersebut adalah alat pengatur jenis kelamin hewan ternak.

mahasiswa

Swimp Up-Sorter merupakan inovasi teknologi pernyortiran spermatozoa X dan Y untuk menentukan jenis kelamin ternak jantan dan betina sebagai upaya untuk meningkatkan populasi hewan ternak.

Frido salah satu anggota tim tersebut mengatakan kepada merdeka.com, alat tersebut menggabungkan konsep sentrifugasi dan elektroforesis. Tahap pertamaa atau sentrifugasi bertujuan memisahkan bagian motil (hidup) dan inmotil (mati).

Setalah itu, tahap kedua atau elektroforesisi bertujuan memisahkan bagian X dan Y yang masih hidup. Kromosom X menuju ke katoda dan Kromosom Y menuju ke Anoda.

Meski masih dalam tahap prototype, alat ini sudah mendapatkan penghargaan bergengsi di ajang kompetisi internasional yaitu memboyong gold prize The 3rd International Young Invnetors Award (IYIA).

Kemudian dalam pengujiannya telah menunjukan alat tersebut berhasil mempertahankan fertilisasi spermatozoa. Seperti yang dijelaskan oleh Frido kepada merdeka.com

“Alat ini masih berupa prototype. Pengujian pertama telah dilakukan di Laboratorium Sumber Sekar Universitas Brawijaya,” imbuhnya.

Selanjutnya, tim akan melakukan pengujian kedua, langsung pada ternak dengan inseminasi buatan atau teknologi lain untuk keberhasilan sexing spermatozoa.

“Hasil pengujian pertama tadi telah menunjukkan alat berhasil mempertahankan fertilisasi spermatozoa,” katanya.

Tak hanya Frido Wahyu, ke empat mahasiswa penemu alat Swimp Up-Sorter di antaranya Ronny Ari Setiawan (FT), Dimas Firdaus Adami (Fapet), Wahyu Setiawan (Fapet) dan Mirsa Ita Dewi Adiana (Fapet). Tim ini di bawah dosen pembimbing Eka Maulana dan Gatot Ciptadi.

 

Tag:

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X