Informasi, Top

FAST Menjadi Teleskop Terbesar Di Dunia

Assalamu’alaikum…

Pada akhir bulan september nanti teleskop radio terbesar di dunia akan selesai dibangun dan mulai beroperasi. Proses pembangunan teleskop dengan bukaan lensa berukuran 500 meter ini telah memasuki tahap akhir , letak teleskop dengan nama FAST (Five hundred meter Aperture Spherical Telescope) ini berada di daerah Pintang, Provinsi Guizhou, baratdaya China.

 Teleskop terbesar di dunia beroperasi akhir September
Teleskop terbesar di dunia beroperasi akhir September

Teleskop ini dibangun diatas lahan berukuran 30 kali luas lapangan sepak bola, mengalakan teleskop dari Observatorium Arecibo milik Puerto Rico dengan diameter lensanya 300 meter.

Saat ini pemerintah setempat tengah menyusun aturan untuk menjamin agar dalam pengoprasian telesko FAST tidak tergangu, dimana akan mulai berlaku pada 25 September mendatang. Seperti dikutip dari Antaranews.com.

Pemerintah setempat tengah menyusun aturan untuk menjamin operasi yang aman, yang akan mulai berlaku pada 25 September 2016, kata seorang sumber Observatorium Qiannan dilansir Xinhua.

Berdasarkan peraturan yang disusun oleh Pemerintah, teleskop FAST membutuhkan keheningan radio dalam radius 10 kilometer. Kemudian pebangunan proyek-proyek yang tidak relevan akan dilarang di area inti, dan bagi yang melanggar akan dikenakan denda hingga 100.000 yuan/15.00o dolar AS.

 Teleskop terbesar di dunia beroperasi akhir September
Teleskop terbesar di dunia beroperasi akhir September

Didalam anturan itu juga dijelaskan, bahwa 25 September akan ditetapkan sebagai hari ilmu astronomi untuk perfektur (daerah) tersebut. FAST dalam pembangunannya menelan biaya 1,2 miliar yuan dan tahap awal pebangunannya dimulai pada maret 2011.

 

Kemudian 8.000 orang yang berada di daerah inti akan direlokasi. Selamat ya buat negara china atas Teleskop terbesarnya, semoga bisa berkontribusi demi perkembangan keilmuan astronomi dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X