Informasi, Top

Yang Berbeda Dari Upacara HUT Ke 71 Tahun RI Kali Ini

Assalamu’alaikum….

Upacara pengibaran bendera merah putih telah dilakukan, akan tetapi pada upacara HUT RI Ke 71 tahun ini ada yang berbeda. Apa Itu? Yuk baca terus artikel ini. Pertama yang berbeda pada upacara HUT RI Ke 71 di Istana Merdeka kali ini adalah adanya seremoni membawa bendera pusaka dari Monumen Nasional (Monas) menuju ke Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

ed3d6bfb-ab74-431a-8c23-826b9c788f0b_169
Persiapan Upacara Bendera di Istana Merdeka, Jakarta (Maaf foto paradenya belum ada). Foto via Detik.com
Dilakukannya seremoni membawa bendera pusaka, karena pemerintah menilai bendera merupakan bagian dari sembol negara yang tidak bisa terpisahkan Maka dari itu dalakukan seremoni membawa bendera pusaka ke Istana Merdeka sebelum dikibarkan di Istana Merdeka, dalam Upacara Peringatan HUT RI Ke 71.
Kemudian, Bendera pusaka akan di kawal/parade menuju ke istana menggunakan kereta kencana Ki Jaga Raksa, dimana kereta ini di datangkan langsung dari kabupaten Purwakarta. Selanjutnya, kereta yang berisikan Bendera Pusaka akan dikawal/parade dan dikuti oleh para penari yang sudah terlebih dahulu bergerak menuju lokasi upacara.
Adanya parade mengawal bendera ini sontak menarik perhatian masyarakat, seperti yang di beritakan oleh Solopos.com.

“Parade ini pun menarik perhatian warga yang menonton di pinggir jalan. Bahkan warga ini tak hanya datang dari Jakarta, tapi dari tempat-tempat lain”.

Kemudian hal yang berbeda dari Upacara Bendera di Istana Merdeka kali ini adalah adanya penampilan kesenian, tari-tarian dan lagu daerah, dimana ditampilkan sebelum dimulainya Upacara Bendera. Tentunya hal ini membuat perbedaan yang mencolok dari Upacara Peringatan HUT RI sebelum-sebelumnya.

Perbedaan yang terakhir dari Upacara Bendera pada kali ini adalah kita bisa menyaksikan Upacara Bendera melalui format 360 derajat.

Dengan perkembangan teknologi penyiaran, tentunya Upacara pada kali ini menjadi kali pertama HUT Republik Indonesia disiarkan secara langsung menggunakan video 360 derajat. Siaran ini bisa disaksikan melalui akun YouTube Prasiden Joko Widodo. Anda pun bisa melihatnya dengan cara mengetik judul video #Upacara360.
Tentu hal ini membuat Rizensia penasaran, admin pun langsung menuju akun resmi YouTube Presiden Joko Widodo dan menyaksikan video Upacara Dalam Istana (View Media Pit) #Upacara360. Saat itu video tersebut di tonton secara langsung oleh 1.101 penonton.

Siaran 360 derajat memungkinkan kita bisa melihat tampilan video dengan sudut pandang 360 derajat, tentu membuat kita serasa berada langsung di lokasi upacara.
Mungkin itulah Yang Berbeda Dari Upacara HUT RI Ke 71 Tahun Kali Ini, yang bisa Admin Rizensia himpun. Semoga bermanfaat dan Merdeka…. !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X