Informasi, Lifestyle

Ternyata Mandi Air Dingin Mempunyai Manfaat, Salah Satunya Menghilangkan Stres Lho!!

017427437_30300
Ilustrasi mandi dengan air dingin yang mempunyai manfaat. Foto via DW Indonesi (fotolia/rico287)

Assalamu’alaikum….

Sering mengeluh air di keran dingin, sebaiknya mulai sekarang jangan mengeluh lagi. Karena mandi dengan air dingin mempunyai banyak manfaat, salah satunya adalah bisa menghilangkan stres.

Kalau Anda tidak percaya, Ayo baca terus artikel ini. Seperti yang Rizensia telah jelaskan diatas, mandi dengan air besuhu dingin tenyata bermanfaat untuk membantu mengatasi stres. Percikan air dingin ke wajah bisa membuat Anda merasa lebih rileks.

Metode yang membuat detak jantung lebih lambat ini bahkan diterapkan untuk menangani pasien dengan kecepatan detak jantung yang tidak normal. Studi lain menjelaskan, peserta yang berenang di air sedingin es secara rutin, bisa beradaptasi lebih baik menghadapi stres. Ini karena tubuhnya terbiasa untuk beradaptasi

Manfaat selanjutnya adalah Rambut menjadi lebih berkilau. Ternyata jika menggunakan air hangat untuk membilas sampo dari rambut, akan mengurangi keindahan rambut. Tetapi hal itu tak masalah, karena dengan menggunakan air dingin setelah memberikan conditioner pada rambut, agar rambut menjadi berkilau dan halus kembali.

Seperti yang dilansir oleh DW Indonesia, Air hangat yang digunakan untuk membilas sampo dari rambut, akan mengurangi keindahan rambut Anda. Demikian ujar Julia Tzu, pakar dermatologi. Gunakan air dingin setelah memberikan conditioner pada rambut, agar rambut lebih berkilau dan halus.

Mandi dengan air dingin akan membuat kulit menjadi lebih indah. Disarankan diawal mandi menggunakan air hangat dan diakhiri mandi menggunakan air dingin. Maka air dingin akan mengencangkan kulit dan pori-pori, sehingga terlihat lebih halus dan cerah.

Pakar Dermatologi Neal Schultz, M.D. menyarankan untuk membersihkan badan dengan air hangat lalu akhiri dengan air dingin. Air dingin bisa mengencangkan kulit dan pori-pori. Kulit Anda akan terlihat lebih mulus dan cerah.

Sehabis beraktivitas seharian tentunya badan akan terasa lelah, otot menjadi lebih tegang dan terasa sakit. Nah, untuk menghilangkan sakit otot yang Anda rasakan sangat lah mudah, dengan mandi air dingin akan membuat aliran darah menjadi meningkat.

Sehingga membantu memperbaiki otot atau jaringan yang rusak, karena darah mengandung gizi yang punya efek menyembuhkan.

Di jelaskan oleh Pakar olahraga Henry Halse menyebutkan, mandi air dingin bisa membantu mengurangi rasa sakit otot setelah berolahraga. Ia menyarankan untuk mengarahkan air dingin ke bagian yang sakit selama lima menit. “Aliran darah yang meningkat bisa membantu memperbaiki otot atau jaringan yang rusak, karena darah mengandung gizi yang punya efek menyembuhkan.”

Jika Anda merasa tidak tenang atau gelisah, mandi menggunakan air dingin menjadi solusinya.  Karena Hidroterapi dengan air dingin bisa meningkatkan kadar beta-endorfin dan noradrenalin dalam darah dan juga otak, sehingga memiliki efek antidepresan.

Dalam sebuah studi yang dipublikasi dalam jurnal Medical Hypotheses mengatakan, mandi air dingin selama dua tiga menit secara rutin selama dua minggu, bisa memperbaiki suasana hati pelakunya.

Kemudian yang perlu Anda ingat dalam mandi air dingin adalah suhu normal/ideal air yaitu 15 derajat Celsius. Jika Anda merasakan stres, ingin rambut berkilau, kulit menjadi halus serta cerah, meredakan sakit otot, dan mengatasi rasa gelisah, sebaiknya mandi air dingin agar masalah kesehatan yang Anda rasakan teratasi. Semoga informasi kali ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X