Informasi, Otomotif

Dua Sirkuit Permanent Yang Bisa Digunakan Balapan Malam Hari Di Indonesia

Ilustrasi foto via balapmotor.net

Assalamu’alaikum….

Indonesia dalam olahraga adu kecepatan mempunyai banyak talenta yang sangat mempuni, hanya saja dukungan dari pemerintah yang kurang menjadikan orang berbakat di dunia balapan kurang begitu terasa kemampuannya dan prestasinya.
Salah satu yang menjadi masalah adalah kurangnya fasilitas sirkuit, di skala Nasional sendiri sirkuit yang menjadi kebanggaan hanyalah sirkuit Sentul. Itu pun sirkuit ini saja, masih memerlukan beberapa perbaikan agar bisa menyelenggarakan balapan seperti MotoGP dan F1.
Namun pada postingan kali ini, bukan untuk membahas soal sirkuit dan tarik ulurnya penyelenggaraan MotoGP di Indonesia, melainkan tentang “Dua Sirkuit Permanen Yang Bisa Digunakan Balapan Malam Hari”. Kedua sirkuit ini memiliki fasilitas yang mendukung, sehingga pada malam hari pun bisa menggelar balapan.

Kedua sirkuit tersebut ialah Sirkuit Puncak Mario di Sidrap, Sulawesi Selatan dan Panggona The Cirkuit Of Celebes Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Sirkuit Puncak Mario Sidrap ini memiliki panjang sekitar 1,400 kilometer dengan lebar treknya 8 meter, sirkuit kebanggan warga sidrap ini bisa menyelenggarakan balapan motor di siang hari maupun malam hari, untuk mendukung balapan dimalam hari sirkuit ini memiliki 700 titik lampu penerangan serta satu buah lampu 400 watt.

Pemerintah sidrap sangat medukung olahraga adu kecepatan ini, terbukti dengan menggelontorkan dana besar buat sirkuit ini sebesar Rp 12 miliar. Dimana terbagi atas dua tahap pembangunan, tahap pertama 4.4 miliar dan tahap kedua sebesar 7.908 miliar.

Berikut ini foto Sirkuit Puncak Mario Rappang di malam hari, Foto via togeanblog.com :

Sirkuit panggona sirkuit yang terletak di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 1,200 kilometer. Sirkuit yang resmi dibuka pada 21 mei 2016 dan menelan biaya sebesar 6 miliar.
Panggona sendiri menempati lahan bekas stadion lapangan bola, dimana lapangan tersebut tidak digunakan selama 10 tahun. Akhirnya sekarang disulap menjadi sirkuit pertama di Sulawesi Tengah. Sirkuit ini mengandalkan pencahayaan lampu dari empat tower bekas stadion bola dan pencahayaan tambahan dibeberapa sisi sirkuit.
Sirkut ini telah menyelenggarakan event balapan MotoPrix Regional 5 pada bulan mei lalu dan uniknya dibalapan puncaknya diselenggaraakan pada malam hari. Berikut ini beberapa foto Sirkuit Panggona saat digunakan pada malam hari, diambil dari beberapa sumber.
panggona-sirkuit
Balapan di siang hari mungkin sudah menjadi hal yang biasa untuk di tonton, namun penyelenggaraan balapan di malam hari mempunyai atmosfer yang berbeda. Salah satu sirkuit diluar negari yang menyelenggarakan balapan dimalam hari ialah Sirkuit Losail Qatar, dimana disetiap penyelenggaraan MotoGP diadakan pada malam hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X