Informasi, Opini

Di Tahun 2016: Ada Apa Dengan Dunia Musik Indonesia?

Ada apa dengan dunia musik Indonesia? Mungkin ini yang tengah Rizensia pertanyakan, karena dibeberapa radio ternama di kota Palu mayoritas musik-musik yang diperdengarkan oleh Radio adalah musik yang berasal dari luar negeri.

Ilustrasi. Foto via Remix Netmediatama
Ilustrasi. Foto via Remix Netmediatama

Tentu ini menunjukan tanda adanya kemunduran dari musik-musik Indonesia? Apakah musik Indonesia tidak lagi menjadi raja di kandangnya sendiri? Karena kami melihat sebagian besar band-band papan atas dan group musik lainnya telah menghilang (vakum tak mengeluarkan lagu terbaru mereka).

Artikel ini tidak menyalakan dari pihak radio, karena dari pihak radio sendiri tentu memutar musik yang lagi tren dimasyarakat untuk menarik perhatian pendengar setianya atau menyalakan pihak tertentu lainnya.

Perkembangan tren musik tiap tahunnya terus berkembang. Nah, untuk saat ini sepertinya yang lagi tren adalah musik yang bergenre musik Electro dan musik Akustik.

Tetapi melihat kebanyakan lagu yang lagi tren sekarang ini adalah Electro Digital Music (EDM), musik EDM sendiri sudah menjadi tren pada tahun 2014. Mungkin inilah yang menjadi penyebab redupnya beberapa band papan atas Indonesia dan Group Musik lainnya.

Meski musik bergenre EDM berkembang, akan tetapi ada sebagian yang tidak menyukai musik EDM karena beranggapan musik ini noisy, dan bising. Kemudian musik jenis ini lebih konsentrasi ke musik dibandingkan dengan lirik lagu itu sendiri. Akibatnya musik jenis akustik menjadi pilihan bagi sebagian penikmat musik dan menggantikan eksistensi dari musik pop yang selama ini menjadi jenis lagu paling disukai oleh banyak orang.

Semoga kedepannya eksistensi musik Indonesia bisa terlihat kembali, karena sekarang ini yang tengah populer adalah musik EDM yang berasal dari luar negeri (barat). Jangan sampai musik Indonesia menjadi tamu di kandangnya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X