Informasi, Otomotif, Tips & Trik

Dampak Yang Terjadi Jika Menggonta-ganti Merk Oli Kendaraan

Assalamu’alaikum….

Fungsi oli mesin adalah melumasi seluruh bagian-bagian mesin, agar komponen mesin terlindungi. Kemudian fungsi oli lainnya seperti membantu untuk mendinginkan mesin dan memperkecil gesekan antar komponen didalam mesin.

368482_rx-king-laku-terjual-rp70-juta-_663_382Ilustrasi. Foto via viva.co.id

 

Dengan fungsi yang sangat penting, membuat kita jangan terlalu sering menggonta-ganti merk oli mesin kendaraan sepeda motor. Akibat dari sering menggonta-ganti oli ternyata berdampak besar bagi karakter mesin kendaraan.

Karena setiap merk oli mempunyai campuran bahan yang berbeda-beda, contohnya seperti ada merk oli yang mementingkan pendinginan sehingga memerlukan campuran tertentu dan ada juga oli yang fokusnya ke kelincahan. Sehingga sering ganti merk oli akan membuat dampak besar pada karakter mesin kendaraan.

Sering gonta-ganti merk oli akan berdampak pada mesin yaitu terjadinya endapan, karena antara merk A dan B tidak bisa saling menyatu. Endapan yang ada pada mesin lama ke lamaan akan menjadi kerak pada mesin dan mempengaruhi tarikan mesin sepeda motor.

Kesimpulannya bagi Anda para pengguna sepeda motor adalah konsisten memakai oli merk yang Anda rasa cocok dengan mesin kendaraan Anda, atau lebih baiknya lagi menggunakan oli yang di anjurkan oleh pabrikan-pabrikan kendaraan Anda.

Semoga artikel kali ini bermanfaat, jika terdapat kekurangan mohon di maafkan. Ayo baca artikel lainnya di Rizensia.com 😳 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X