Informasi, Otomotif

Tahukah Anda? Indonesia Sekarang Tidak Impor Solar

Assalamu’alaikum….

lustrasi. Foto via (Viva)

Perushaan BUMN yang bergerak dibidang perminyakan (Pertamina) akan mendorong produksi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dalam negeri, karena Indonesia sekarang tidak lagi mengimpor Solar sedikit pun.

Seperti dikutip dari Okezone, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan. Bahwa ” Solar sekarang dalam perhitungannya seolah-olah masih 1 persen impor, padahal kenyataanya sudah tidak impor lagi,” Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Produksi solar di dalam negeri nantinya akan lebih ditingkatkan, karena melihat untuk BBM jenis ini sudah tidak Impor lagi.

Kemudian, Pertamina juga akan mendorong penggunaan kendaraan-kendaraan bermesin diesel pada massa depan sehingga penggunaan BBM jenis solar meningkat. Hal ini dilakukan karena BBM jenis Premium sampai sekarang masih impor.

“Dengan demikian, kita bisa menggeser premium yang sekarang masih impor, Terlebih sekarang kendaraan diesel dari kenyamanan dan lingkungan sudah bagus. Di Eropa juga umumnya sudah pakai mesin diesel,” Kata Direktur Utama perusahaan peminyakan tersebut.

Selanjutnya, presntese penggunaan Premium pada tahun 2014 dari 62 persen, sekarang sudah menurun menjadi 49 persen.

Pertamina juga mengklaim saat ini mengalami surplus solar sekitar 1.700 kiloliter per hari atau setara 10 ribu barel dari rata-rata penyaluran solar harian sebesar 50 ribu kiloliter. Sementara produksi hingga Mei 2016 mencapai 51,14 juta barel dari target 125 juta barel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X