Informasi, Otomotif

Kenali Kompresi Kendaraan Anda, Untuk Menentukan Jenis BBMnya

Assalamu’alaikum…

Ilustrasi. Foto via (Detikfinance)

Sepertinya pihak Pertamina terus berinofasi dengan merilis bahan bakar minyak jenis baru untuk pasar Indonesia, berawal dari diluncurkannya BBM jenis Pertalite, kemudian Dexalite, dan beberapa waktu ini lagi ramai dibicarakan yaitu Pertamax Turbo.

Memang disetiap jenis BBM yang dikeluarkan oleh pihak Pertamina, mempunyai keuntungan dan kelebihan masing-masing. Seperti premium mempunyai keuntungan yaitu harga yang lebih murah, Pertalite mempunyai keuntungan yaitu harga lebih murah, mesin menjadi lebih bersih, kualitas pembakaran lebih baik, dan seterusnya semakin tinggi jenis BBM tentunya semakin baik bagi mesin kendaraan bermotor Anda.

Baca juga : Perbedaan Solar, Pertamina Dex Dengan Dexlite

Pada kali ini, Rizensia akan memberikan informasi tentang “Mengenali Kompresi Kendaraan Anda, Untuk Menentukan Jenis BBMnya”. Tau tidak? Setiap kendaraan mempunyai rasio kompresi yang berbeda-beda pada setiap mesin kendaraan. Semakin tinggi kompresi mesin kendaraan, maka jenis BBM yang digunakan pun RONnya harus tinggi, ini bertujuan agar akselerasi mesin mobil menjadi lebih baik.

Berikut ini Rizensia paparkan jenis BBM yang cocok dengan rasio kompresi mesin kendaraan Anda :

  • BBM beroktan 88 di negara kita disebutnya dengan Premium. Bensin jenis ini sangat cocok dengan kendaraan Anda yang mempunyai rasio kompresi 7:1 – 9:1.
  • Oktan 92 dikenal dengan nama Pertamax jika itu produksi Pertamina, Super untuk produksi Shell, dan Primax untuk produksi Petronas. Bensin jenis ini disarankan untuk mobil yang memiliki mesin dengan rasio kompresi antara 9:1 samap dengan 10:1.
  • Jenis BBM beroktan 95 dikenal dengan Pertamax Plus (Pertamina), Super Extra (Shell), dan Primax95 (Petronas). Bahan bakar jenis ini sangat dianjurkan bagi mobil yang bermesin dengan rasio kompresi 10:1 sampai dengan 11:1.
Jadi Anda tinggal menyesuaikan saja dan kenali kendaraan Anda, agar mesin mobil menjadi lebih prima dan awet. Intinya dari artikel kali ini adalah bagi Anda yang mempunyai kendaraan dengan rasio kompresi mesin yang tinggi, sebaiknya dan dianjurkan untuk menggunakan jenis BBM yang mempunyai nilai Oktan lebih tinggi.
Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi Anda. Wasalam…..

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X