Informasi, Pendidikan, Teknologi

Ini Dia Fungsi Garis Menonjol Pada Huruf F & J Pada Keyboard Laptop!

Assalamu’alaikum….

Keyboard via wikipedia

Kamu sadar atau tidak dengan keberadaan garis horizontal yang menonjol pada huruf F dan J dikeyboard laptop dan komputer Anda? Bagi orang awam tentu hal tersebut membuat penasaran dan menimbulkan pertannyaan. Apa fungsi dari garis menonjol pada huruf F dan J di keyboard laptop dan komputer Anda?

Jangan mengangap bahwa tanda garis horizontal yang menonjol di huruf F dan J itu tidak memiliki fungsi apapun. Perlu Anda ketahui bahwa tanda pada kedua huruf tersebut merupakan tanda yang berguna untuk membantu pengguna dalam mengawali proses pengetikan.

Penggunaan tanda garis pada huruf F dan J di keyboard berawal dari seorang ilmuan yaitu Frank Edward McGurrin pada tahun 1888. Pada saat itu, ia menemukan sebuah metode yang diberi nama touch typing. Dimana metode tersebut adalah metode mengenai cara mengetik tanpa melihat tombol pada keyboard komputer atau leptop, tujuannya agar mempermudah proses disaat pengetikan.

via brilio

Pada proses tersebut, pengetikan dilakukan dengan menggunakan 10 jari, yatu meletakan jari-jari tangan kanan pada huruf J-K-L-; dan jari tangan kiri pada huruf A-S-D-F. Sendangkan kedua jempol diletakan pada tombol space bar.

Adanya tanda tersebut bisa membantu meningkatkan kemampuan dalam pengetikan. Tonjolan pada kedua huruf tersebut agar mempermudah dalam mengidentifikasi letak dari tombol tanpa mesti melihatnya.

Ditahun 2002, seorang dari Naples, Florida yaitu June E. Botich mematenkan serta memodifikasi tanda di huruf F dan J guna membantu para pengetik sehingga dapat meningkatkan kemampuan dari metode pengetikan itu sendiri. Pemberian tanda itu sekarang menjadi standar keyboard komputer dan laptop diseluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X