Informasi, Top

Fakta Tentang Pedang Damaskus Yang Di Gunakan Salahuddin Al-Ayubi

Assalamu’alaikum….

Jika berbicara soal pedang mungkin katanalah yang paling banyak di ketahui orang sebagai pedang yang digunakan oleh ninja dan bahkan pedang tersebut menjadi tanda untuk mempresentasikan status sosial seseorang. Selain pedang katana, ternyata ada juga pedang yang begitu melegenda dari timur tengah dan pedang tersebut digunakan oleh pimpinan Muslimin Salahuddin Al-Ayyubi yaitu Pedang Damaskus.

Pedang Damaskus ini mempunyai banyak fakta menarik yang belum diketahui oleh banyak orang. Pedang ini pernah digunakan oleh Salahuddin Al-Ayyubi pada Perang Salib III dimana melawan tentara Kristen yang dipimpin Richard The Lionheart. Lalu, fakta lainnya dari Pedang Damaskus apa? Yuk baca terus artikel ini :

Pedang Tertajam Didunia
Menurut ulasan ARF yang Rizensia kutip dari Arrahmah.com. Pedang ini sangat tajam sehingga dapat memotong pedang Eropa dalam peperangan dengan mudah, bahkan dikatakan dapat memotong sehelai sutra yang dijatuhkan ke tanah.

Pedang Ini Sangat Kuat
Pedang Damaskus ini sangat kuat, meski pedang ini kuat akan tetapi tetap fleksibel sehingga ujung pedang dapat ditekuk hingga ke gagang pedang.

Pedang Damaskus Mempunyai Ciri Khas
Segalah sesuatu memang mempunyai ciri khas tersendiri, namun ciri khas dari Pedang Damaskus adalah adanya Pattern/Pola  tanda air di permukaannya. Membuat pedang ini mirip dengan keris dari Indonesia dan pedang jepang. Namun tanda air pada baja Damaskus bukan karena teknik lipatan logam, melainnyak timbul secara alami.

Pedang Damaskus Dibuat Menggunakan Teknologi Nano
Didalam penelitian yang dilakukan oleh sekolompok ilmuwan dari University of Dresden., mengungkapkan sebuah rahasi yang luar biasa yaitu keberadaan carbon nanotubes (CNT) didalam Pedang Damaskus. Tanpa di sadari, dalam pembuatan pedang di abad ke 12 ini menggunakan teknologi nano ketika menempa pedang tersebut. Sayangnya, teknik pembuatan pedang ini menghilang di abad ke 18.

Nanoteknologi mencakup pengembangan teknologi dalam skala nanometer, biasanya 0,1 sampai 100 nm (satu nanometer sama dengan seperseribu mikrometer atau sepersejuta milimeter). Istilah ini kadangkala diterapkan ke teknologi sangat kecil. Ruang lingkupnya juga sangat luas, bisa merambah ke berbagai bidang seperti kedokteran,robotik, fisika,dll. Sedangkan carbon nanotubes merupakan ikatan karbon yang berbentuk silinder dengan diameter 4 nanometer (1 nano=1/1.000.000.000).

Material yang digunakan bernama wootz steel, kaya akan kandungan carbon nanotubes. Material ini konon diimpor dari India, dan pembuatan Pedang Damaskus terhenti karena habisnya material ini.

Bisa Menembus Baju Zirah Pasukan Crusader
Pada Perang Salib, pasukan Eropa dikejutkan oleh pedang yang dimiliki oleh pasukan Arab dan Persia karena dapat dengan mudah menembus baju zirah pasukan Crusader, bahkan dapat pula membela tameng mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X