Informasi

Mengenal 4 Jenis Turbulensi Pada Pesawat

Ilustrasi via (1tipsperjalanan)

Assalamu’alaikum…

Akhir-akhir ini kita melihat beberapa kejadian terjadinya turbulensi pada pesawat Etihad dan Hong kong Airlines yang mengakibatkan beberapa penumpangnya mengalami luka-luka, bahkan ada yang parah sampai patah tulang dan dilarikan kerumah sakit.

Turbulensi memang menjadi satu hal yang ditakuti saat akan menggunakan transportasi udara. Pada dasarnya turbulensi tidaklah bahaya, karena turbulensi merupakan keadaan dimana pesawat melintas jalur dengan angin kencang, badai, atau pun berada di dekat pegunungan. Kejadian ini memang wajar terjadi dialami oleh pesawat seluruh dunia.

Selanjutnya, biasanya Pilot akan tau jika terjadi turbulensi. Namun, tak sedikit juga kejadian-kejadian tertentu dimana turbulensi sangat susah untuk dideteksi.

Nah, pada kesempatan kali ini Rizensia.com akan “Mengenakan 4 Jenis

 Turbulensi Pada Pesawat”. Hal ini bertujuan agar para pembaca mengerti terhadap kejadian turbulensi pada pesawat. Berikut ini 4 jenis turbulensi yang patut diketahui:

Thunderstorm Turbulence

Jenis turbulens ini akan terjadi ketika pesawat berada dekat dengan badai. Nah, disinilah kemahiran seorang pilot di uji dalam menghindari badai.

Mountain Wave Turbulence 

Terjadi ketika adanya angin yang menghembus disaat pesawat melintas dikawasan pegunungan . Dampak yang ditimbulkan, tentunya guncangan keras akan terjadi dan pesawat akan terasa sebentar naik dan sebentar turun. Jika di analogikan didarat, seperti melintasi jalan yang mempunyai polisitidur.

Aircraft Wake Vortex Turbulance

Turbulens jenis ini akan terjadi ketika pesawat terbang di udara, pesawat akan memecah udara dan menimbulkan pusaran yang disebut wake tubulance. Untuk mencegah terjadinya turbulens jenis ini, tergantung dari kontrol penerbangan yang sangat diperlukan untuk terjadinya pemisahaan antara pusaran udara dan pesawat.

Clear Air Turbulance

Adalah jenis tubulence yang terjadi mendadak. Kejadian seperti ini terjadi, ketika tidak ada awan yang terlihat. Turbulensi jenis ini sangatlah berbahaya karena menyulitkan pilot dalam mengontrol pergerakan dan mendeteksi apa yang ada di hadapan pilot.
Itulah beberapa jenis tubulensi yang dihimpun dari berbagai sumber, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda sekalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X