Informasi, Opini

Keunikan Sirkuit Panggona Palu Sulawesi Tengah

Panggona sirkuit, Palu, Sulawesi Tengah.

Assalamu’alaikum….

Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu patut berbangga dengan diresmikan sirkuit permanet ini. Kenapa?? Karena sirkuit ini merupakan sirkuit pertama yang ada di Sulawesi Tengah khususnya Palu.

Di kutip dari motorplus-online.com. “Sirkuit Panggona memiliki panjang lintasan 1200 m ini digagas oleh mantan pembalap Road Race Andi Nur B. Lamakarate atau kebih akrab disapa Anca. Sirkuit ini dibangun diatas lahan eks MTQ yang lama tidak digunakan. Jadi dari pada dibiarkan kosong Saya investasi saja sebagai sirkuit balap,” Ucapnya.

Kemudian, yang unik dari sirkuit ini adalah jika di perhatikan dari ketinggian layoutnya mirip dengan bentuk pulau Sulawesi. “Ini karena Saya pertama gambar layout pas ada pulau foto Sulawesi didepan Saya. Jadi Saya gambar semirip mungkin dengan Sulawesi. Dan tiap tikungan nya bisa diberi nama tikungan ibukota tiap provinsi di Suawesi. Jadi ada tikungan Makassar, Manado, Palu dll,” Ucap Anca pada motorplus-online.com.

Sirkuit ini berdiri diatas arena ex MTQ Bukit Jabal Nur, Jalan Soekarno Hatta, Palu, Sulawesi Tengah. “Panggona The Cirkuit Of Celebes” menjadi salah satu kebanggaan bagi masyarakat Sulawesi Tengah, pasalnya selama ini event balapan diselenggarakat di trek jalan raya. Kota Palu sendiri telah memiliki 2 atlet balap yang pernah menjuarai balapan tingkat Asia yaitu Deden dan Anggi.

Semoga dengan kehadiran sirkuit ini, bisa menciptakan atlet-atlet balap berbakat yang bisa membanggakan Provinsi Sulawesi Tengah dan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X