Informasi

Bahan Makanan Berikut Ini Tidak Boleh Disimpan Dalam Lemari Es

Roti yang telah berjamur. Foto (Fotolia via DW)

Assalamu’alaikum….

Lemari es menjadi tempat menyimpanan bahan makanan dengan tujuan agar bahan-bahan makanan tersebut tetap awet. Namun, cara itu salah jika memasukan keempat bahan makanan ini, karena dengan memasukannya ke lemari es malah membuat bahan makanan tersebut menjadi tidak awet.

Bahan makanan apakah itu? Berikut ini Rizensia akan membagikan informasinya kepada Anda, diolah dari laman DW, ini dia empat bahan makanan tersebut:

Tomat

Menyipan tomat di lemari es, ternyata membuat bahan makanan ini menjadi tidak awet. Itu diakibatkan menyimpannya di lemari es dapat mengubah struktur kimiannya dan mengurangi jumlah senyawa volatil dalam buah, akibatnya bisa mempengaruhi rasa, tekstur dan warna dari tomat itu sendiri.

Kentang

Kesalahan alam menyimpan kentang yang seharusnya disimpan di suatu tempat yang sejuk dan kering, baik di tas karton atau tas berlubang agar tidak lembab. Tetapi tidak menyimpannya di lemari es, Kenapa? Karena dengan mendinginkan kentang di kulkas bisa mengubah komponennya menjadi gula, mempengaruhinya, dan menyebabkan warna kentang akan berubah warna dan rasa ketika dimasak.

Bawang Bombai, Merah dan Putih

Bawang tenyata menjadi salah satu bahan makanan yang sangat tidak dianjurkan untuk di masukan kedalam lemari es, karena bawang membutuhkan tempat penyimpanan yang kering dan sejuk dengan banyak ventilasi udara. Menurut Asosiasi Bawang AS, bawang bisa ditempatkan di lemari es hanya bawang yang sudah di kupas kulitnya.Namun perlu dijaga peraturan kelembapannya agar tetap rendah dan kering. Caranya dengan memasukannya kedalam wadah yang tertutup.
Begitu pula dengan bawang putih, jika ditempatkan di lemari es atau kantong plastik maka dapat membuat bawang putih menjadi berjamur. Cara terbaik menyimpa bawang putih, menurut HowStuff Work, adalah menjaga selalu tetap “pada suhu kamar dan kering serta bersirkulasi udara yang cukup”, dengan sedikit cahaya.

Roti

Lemari es menjadi tempat yang sangat tidak di anjurkan untuk menjadi tempat penyimpanan roti, karena dapat mempercepat basi atau berjamurnya roti tersebut. Pada dasarnya, suhu dingin menyebabkan pati dalam roti mengkristal jauh lebih cepat. Kemudian roti akan menjadi keras dan kering.
Itulah beberapa bahan makanan yang tidak dianjurkan untuk menyimpannya di dalam lemari es, semoga informasi kali ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X