Informasi

Begini Cara Melaporkan Penipuan Melalui SMS

Ilustrasi. Gambar (laporpolisi)

Assalamu’alaiku…

Ada-ada saja trik pelaku percobaan penipuan, dapat inilah dari perusahaan inilah dan masih banyak lagi trik-trik yang coba mereka lancarkan untuk menipu. Beberapa hari yang lalu salah satu anggota keluargaku menerima telepon dari pelaku penipuan, ia mengatakan bahwa anggota keluargaku tersebut menang undian ulang tahun dari salah satu operator seluler. Padahal operator tersebut setahu Saya nanti pertengahan tahun baru merayakan hari jadinya.

Sesudah mengatakan itu, kemudian orang tersebut meminta informasi blablabla…. sampai terakhir pembicaraanya menanyakan nomor rekening bank, untunya anggota keluargaku tersebut menyadari kejanggalan-kejanggalan tersebut dan langsung menutup telepon.

Kemudian anggota keluargaku langsung memberi tahu bahwa telah mendapatkan telepon penipuan, mendengar hal itu langsung saja Saya berencana melaporkan kejadian tersebut ke layanan pelaporan penipuan dari operator.

Tapi Sayangnya saat ini yang dapat diblokir adalah penipuan via SMS saja dan untuk penipuan via Telepon belum didukung. Tapi tidak ada salahnya kan jika mencoba melaporkan percobaan penipuan via telepon.

Nah, bagi Anda yang sering mendapatkan SMS penipuan dan Telepon Penipuan. Maka laporkan kejadian tersebut ke oprator atau pihak berwenang yaitu polisi berikut ini caranya, silahkan sesuaikan dengan provider mana yang Anda gunakan.

Telkomsel
Format SMS : Penipuan#Nomor Pengirim SMS penipuan#isi SMS penipuan
Lalu kirim ke 1166

Indosat
Format SMS : SMS(spasi)Nomor Pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS Penipuan
Lalu kirim ke 726

XL
Format SMS : LAPOR#Nomor Pengirim SMS penipuan#isi SMS penipuan
Lalu kirim ke 588

Atau cara lainnya adalah dengan melaporkan pelaku penipuan melalui email : cybercrime@polri.go.id. Cukup dengan mengirimkan kronologi dan nomor rekening si penipu ke email. Maka Polisi akan langsung bertindak dengan memblokir ATM si penipu dan melacak keberadaannya untuk ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Itulah beberapa tips melaporkan pelaku penipuan melalui SMS. Semoga artikel ini bisa membantu.

One Comment

  1. Terimakasih untuk informasinya.
    Melindungi dan membantu menghindarkan masyarakat agar terhindar dari penipuan dan kejahatan lainnya bukan hanya merupakan tugas dan kewajiban kepolisian republik indonesia saja,akan tetapi sudah menjadi tanggungjawab setiap warga negara indonesia tanpa melihat jabatan,kedudukan serta profesi. Oleh karena itu, silahkan share segala bentuk kejahatan Cyber Crime ini ke situs crimecyber.net atau laporpolisi.com , supaya para penipu dan penjahat tersebut jadi jera dan masyarakat supaya dapat informasi tentang kejahatan cyber crime yang kian bertambah marak akhir-akhir ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X