Informasi, Teknologi

Aplikasi Ini Bisa Membantu Ibu Mengenali Maksud Tangisan Bayi

Percobaan aplikasi. Foto (harianindo)

Assalamu’alaikum…

Pasangan suami istri yang baru saja memiliki momongan tentu akan merasa panik dan bingung, ketika bayi menangis secara terus menerus? Kemudian, kita sebagai orang tua tidak mengerti apa yang membuat bayi menangis? Apakah ia merasa lapar? Popok yang ingin diganti? dan lain sebagainya.

Biasanya juga para orang tua yang baru saja memiliki bayi, banyak mengambil pelajaran dari orang tua yang telah mengerti dalam mengenali arti tangisan bayi. Namun, apa yang terjadi disaat hanya Anda dan pasangan Anda berada dirumah, kemudian bayi Anda menangis? Lalu, Anda tidak mengetahui apa maksud dari tangisan bayi Anda?.

Nah sekarang Anda tak perlu khawatir, karena dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini, membuat orang berlombah-lombah dalam menciptakan sebuah aplikasi yang bermanfaat bagi banyak orang. Termasuk soal mengenali maksud dari tangisan bayi, aplikasi tersebut adalah Infant Cries Translator.

Aplikasi ini diklaim mampu membedakan empat suara tangisan, seperti tanda tangisan bayi lapar, popok basah, mengantuk, dan sakit. Aplikasi ini di buat oleh ilmuan yang bernama Chang Chuan dan Dr Chen Si-da.

Kedua peneliti tersebut tak tangung-tangung dalam membuat aplikasinya agar akurasinya tepat, mereka rela menghabiskan waktu selama dua tahun untuk mengumpulkan kurang lebih 200.000 suara tangisan dari sekitar 100 bayi yang baru lahir. Aplikasi ini mampu membaca samapi dengan keakuratan 92 persen untuk bayi pada usia di bawah dua minggu.

Kemudian bayi yang berumur di bawah satu atau dua bulan kekauratanya mencapai 85 persen, sementara untuk bayi berusia empat bulan keakuratannya menurun sekitar 77 persen.

Setelah melwati usia enam bulan, aplikasi ini tidak terlalu berguna lagi, ini disebabkan semua bayi sudah mendapatkan pengaruh lingkungan. Kemudian Anda juga sebaagai orang tua secara tidak langsung pasti sudah mengetahui maksud dari tangisan bayi Anda.

Cara Penggunaannya

Cara menggunakan aplikasi Infant Cries Translator ini juga sangat mudah, Anda hanya menekan tombol rekam selama 10 detik. Kemudian, aplikasi secara otomatis akan merekam suara tangisan bayi Anda dan mengunggahnya ke layanan coud. Setelah itu suara tangisan tadi akan dianalisis oleh sitem dan ditampilkan masud dari tangisan bayi Anda itu karena apa. Aplikasi ini tersedia di Play Stor dan iTunes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X