InfoIs

Mustajabnya Doa Di Bulan Ramadan 

Ilustrasi Berdoa
Ilustrasi Berdoa

Assalanmu’allaikum….

Rizensia.com – Doa adalah sebuah permintaan seorang hamba kepada Sang pencipta, bahkan bagi seorang muslim doa merupakan tanda kerendahan hati kepada Allah dan menghindari kita dari rasa sombong dikarenakan menganggap sesuatu kesuksesan atau kebaikan ditinbul dari kerja keras sendiri dan bukan dari Allah.

Sehingga seorang muslim sangat dianjurkan untuk berdoa sebanyak-banyaknya karena Allah maha mendengar lagi maha pengasih dan penyayang. Apalagi didalam bulan Ramadan, bulan dimana keberkahan, rahmat dan karunia Allah bertabur disetiap waktunya, maka tidak salah jika kita memperbanyak berdoa dibulan suci ini.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika berdoa yang admin dapatkan dari pengajian yang kami ikuti.

Hal pertama dalam berdoa, jangan ketika berdoa hati Anda lalai dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Lalai disini adalah keragu-raguan, seperti munculnya pertanyaan dalam hati “kira-kira doa saya diterima (dikabulkan) atau tidak ya???”

Maka disini kita harus yakin akan doa yang kita panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Hal kedua adalah Ikhlas, tak jarang dari kita dibarengi dengan rasa tidak ikhlas. Ketika menginginkan sesuatu contohnya ingin mendapatkan arisan kita berdoa terus, ketika bulan depan tidak mendapatkan arisan doa kita pun berhenti.

Maka kita harus berdoa dengan skala yang lebih besar, seperti doa mendapatkan pendamping sholeh dan keturunan yang sholeh’a atau kedamaian didalam keluarga, lingkungan sekitar bahkan skala bangsa Indonesia. Karena doa orang berpuasa sangat mustajab sehingga perbanyaklah doamu ketika dibulan Ramadan ini.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda:
ﺛَﻠَﺎﺛَﺔٌ ﻟَﺎ ﺗُﺮَﺩُّ ﺩَﻋْﻮَﺗُﻬُﻢْ : ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﺍﻟْﻌَﺎﺩِﻝُ، ﻭَﺍﻟﺼَّﺎﺋِﻢُ ﺣﺘﻰ ﻳُﻔْﻄِﺮَ،
ﻭَﺩَﻋْﻮَﺓُ ﺍﻟْﻤَﻈْﻠُﻮﻡِ ﻳَﺮْﻓَﻌُﻬَﺎ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺩُﻭﻥَ ﺍﻟْﻐَﻤَﺎﻡِ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ، ﻭَﺗُﻔْﺘَﺢُ
ﻟَﻬَﺎ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏُ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﺀِ، ﻭَﻳَﻘُﻮﻝُ : “ ﺑﻌﺰﺗﻲ ﻷﻧﺼﺮﻧﻚ ﻭﻟﻮ ﺑﻌﺪ ﺣﻴﻦ “.
“Ada tiga macam orang yang do’anya tidak ditolak, yaitu imam yang adil, orang puasa hingga berbuka, dan do’a orang yang teraniaya diangkat oleh Allah sampai di bawah awan di hari kiamat nanti, dan dibukakan baginya semua pintu langit, dan Allah berfirman, “Demi kemuliaan-Ku, Aku benar-benar akan menolongmu, sekalipun sesudahnya.” (HR. Ahmad, Turmudzi, Nasai dan Ibnu Majah)

Maka perbanyaklah berdoa kepada Allah dengan bersungguh-sungguh tanpa ada keraguan, ikhlas dan bersabar. Semoga bermanfaat…..

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *