InfoIs

Ini Dia Amalan Pada Malam Hari Raya

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com –  Pemerintah melalui Menteri Agama telah mengumumkan bahwa tanggal 25 Juni 2017 menjadi hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H.

Kami segenap Admin Rizensia.com mengucapkan “Taqabbalallahu minna wa minkum” (Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian).


Hari raya Idul Fitri telah menghampiri kita, tapi kita sebagai ummat muslim jangan sia-siakan waktu ketika malam hari raya. Karena pada waktu inilah terdapat amalan-amalan yang jika kita kerjakan mendapatkan ganjaran melimpah yang diberikan oleh Allah SWT.


Nah…… pada kesempatan ini Rizensia.com akan membagikan beberapa amalan yang patut untuk kita amalkan, ketika di malam hari raya. Berikut beberapa amalan yang patut di amalkan ketika malan hari raya yang kami himpun dari Chanel Telegram Ustad Muhammad Al Habsyi.

๐Ÿ“Ž AMALAN PADA MALAM HARI RAYA



Nabi Muhammad ๏ทบ bersabda:

ุนู† ุนุจุงุฏุฉ ุจู† ุงู„ุตุงู…ุช ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุฃู† ุฑุณูˆู„ ๏ทบ ู‚ุงู„: โ€œู…ู† ุฃุญูŠุง ู„ูŠู„ุฉ ุงู„ูุทุฑ ูˆู„ูŠู„ุฉ ุงู„ุฃุถุญู‰ ู„ู… ูŠู…ุช ู‚ู„ุจู‡ ูŠูˆู… ุชู…ูˆุช ุงู„ู‚ู„ูˆุจโ€ ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุทุจุฑุงู†ูŠ ููŠ ุงู„ูƒุจูŠุฑ ูˆุงู„ุฃูˆุณุท.

Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosulullah ๏ทบ bersabda: “Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati.” (  HR.Thobaroni )

ุนู† ุฃุจูŠ ุฃู…ุงู…ู‡ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุนู† ุงู„ู†ุจูŠ ๏ทบ ู‚ุงู„ : โ€œู…ู† ู‚ุงู… ู„ูŠู„ุชูŠ ุงู„ุนูŠุฏูŠู† ู…ุญุชุณุจุงู‹ ู„ู… ูŠู…ุช ู‚ู„ุจู‡ ูŠูˆู… ุชู…ูˆุช ุงู„ู‚ู„ูˆุจโ€. ูˆููŠ ุฑูˆุงูŠุฉ โ€œู…ู† ุฃุญูŠุงโ€ ุฑูˆุงู‡ ุงุจู† ู…ุงุฌู‡

Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi ๏ทบ, bersabda: Barangsiapa beribadah di dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap ALLAH, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati. ( HR. Ibnu Majah )

Bagaimana cara menghidupkan dua Hari Raya itu? Telah disebutkan oleh Syaikh Abdul Hamid Al Qudsi, dengan mengamalkan beberapa amalan:

1. Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isyaโ€™ berjamaโ€™ah dan meniatkan diri untuk jamaโ€™ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau memperbanyak sholat sunnah dan bacaan-bacaan dzikir.

( Dan dzikir yang paling di anjurkan di malam hari raya adalah bacaan takbir / takbiran ) .

2. Syaikh Al Wannaโ€™i dalam risalahnya: Barangsiapa membaca ISTIGHAF seratus kali (100ร—) setelah Sholat Shubuh di pagi Hari Raya, maka akan dihapus dosa-dosanya di dalam buku catatannya, dan pada hari kiamat akan aman dari siksa.

3. Masih dari Syaikh Al Wannaโ€™i: 
Barangsiapa membaca :

100x ุณูุจูุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ ูˆูŽุจูุญูŽู…ู’ุฏูู‡

pada Hari Raya, dan menghadiahkan pahalanya untuk ahli kubur, maka para ahli kubur berkata,โ€Wahai Dzat Yang Maha Penyayang, rahmatilah ia, dan jadikanlah ia ahli surgaโ€.

4. Syaikh Al Fasyni berkata dalam Tuhfatul Ikhwan: Dari Sahabat Annas, dari Nabi ๏ทบ, bersabda (yang artinya): Hiasilah dua Hari Raya dengan tahlil, taqdis, tahmid dan takbirโ€. Nabi juga bersabda : Barang siapa yang membaca:

ุณูุจูุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ ูˆูŽุจูุญูŽู…ู’ุฏูู‡ู 300 x

Dan ia menghadiahkan bacaan tersebut untuk kaum musliminin yang sudah wafat, maka seribu cahaya akan masuk di setiap kuburan, dan Allah akan memasukkan seribu cahaya ke kuburnya jika ia meninggal.

5. Syaikh Az Zuhri berkata: Sahabat Anas r.a. berkata, Nabi ๏ทบ bersabda (yang artinya): Barangsiapa di dua Hari Raya mengucapkan:

ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูฐู‡ ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ุงูŽ ุดูุฑูŠู’ูƒูŽ ู„ูŽู‡ูุŒ ู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ู…ูู„ู’ูƒู ูˆูŽู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ูŠูุญู’ูŠู ูˆูŽูŠูู…ููŠู’ุชู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุญูŽูŠู‘ูŒ ู„ุงูŽูŠูŽู…ููˆู’ุชู ุจููŠูŽุฏูู‡ู ุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ุฑ ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ู‘ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ ู‚ูŽุฏูŽูŠู’ุฑ

sebanyak 400ร— sebelum Sholat โ€˜Ied, maka Allah SWT akan menikahkannya dg 400 bidadari, seakan memerdekakan 400 budak, dan Allah SWT mewakilkan para malaikat untuk membangun kota-kota dan menanam pohon-pohon untuknya di hari kiamat.

Beliau Syaikh Az Zuhri berkata: โ€œAku tidak pernah meninggalkannya semenjak aku mendengarnya dari Sahabat Anas r.a.  Dan Anas r.a. dahulu jg berkata: โ€œAku tidak pernah meninggalkannya semenjak aku mendengarnya dari Nabi ๏ทบ.โ€

SUMBER : Kitab Kanzun Najah Wa Surur

Semoga amal Ibadah kita di terima oleh Allah SWT Amin Ya robbal Alamin. . .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X