InfoIs

Bolehkah Shalat Sunnah Setelah Shalat Witir Di Masjid?

Ilustrasi. Foto via Bloghususdoa.com
Ilustrasi. Foto via Bloghususdoa.com

Assalamu’allaikum….

Rizensia.com – Memanfaatkan kedatangan bulan suci Ramadan sebagai penyemangat kita untuk terus dekat dengan-Nya menjadi langkah yang sangat baik.

Apa lagi jika kita menghidupkan sepertiga malam Ramadan kita dengan melakukan ibadah sunnah lainnya. Seperti melakukan Shalat Tahajud, Shalat Taubat, dan Shalat Sunnah lainnya.

Akan tetapi yang menjadi pertanyaan ialah bagaimana jika kita sudah mengerjakan shalat sunnah witir secara berjama’ah di masjid, apakah kita tidak boleh lagi mengerjakan shalat sunnah lainnya di sepertiga malam. Karena kita tau bersama shalat witir adalah shalat sunnah penutup malam. Pertanyaan ini mungkin mengganjal di hati Anda dan membuat Anda menjadi bertanya-tanya tentang masalah ini.

Nah, pada kesempatan kali ini Rizensia akan membagikan jawaban tentang masalah “Bolehkah Shalat Sunnah Setelah Shalat Witir?” Dimana Ustad Buya Yahya pengasuh Al-Bahjah yang akan menjawabnya.

Assalamualaikum Wr.Wb.

Buya Bagaimana menghidupkan malam Ramadhan sesuai tuntunan Rasulullah SAW, dan bolehkah kita melakukan sholat sunnah setelah kita melakukan sholat witir?
*Jawaban*

Wa’alaikumsalam. Wr.Wb.

Sholat tarawih adalah bagian dari Qiyamullail (menghidupkan malam Ramadhan dengan ibadah), dan kesempurnaan Qiyamullail adalah memperbanyak membaca Al-Qur’an dan shalat malam. Ini tidak ada batasan dari Rasulullah, semua sholat sunnah yang bisa dilakukan diluar Ramadhan sangat dianjurkan untuk dilakukan didalam Ramadhan seperti sholat hajah, istikhoroh, tasbih dan lain-lain. Begitu juga shalat sunnah mutlaq, yaitu sholat sunnah yang tanpa nama yang hal ini memang tidak ada batasnnya baik di Ramadhan atau diluar Ramadhan. Bedanya kalau kita laksanakan di bulan Ramadhon pahalanya berlipat ganda.

Adapun masalah sholat witir hal itu boleh dilakukan setelah tarawih langsung, boleh juga di akhirkan setelah kita bangun malam. Tidak benar apa yang di yakini sebagian orang kalau kita sudah sholat witir, maka kita tidak boleh melakukan sholat sunnah apa pun. Biarpun kita sudah melakukan witir setelah sholat Isya atau Tarawih, maka di malam harinya pun kita boleh sholat sunnah sebanyak-banyaknya dan witirnya tidak perlu diulang. Memang sebaiknya witir itu kita jadikan sholat penutup, tetapi itu tidak harus, akan tetapi hanya anjuran saja untuk dijadikan sholat penutup.

Wallahu a’lam bishshawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mulai Menulis Di Rizensia.com, Daftarkan Diri Anda!
X